Kompas TV video vod

Pasca Operasi Pelepasan Pen, Pelatihan Otot Masih Diperlukan?

Kompas.tv - 11 Januari 2022, 10:25 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Segmen sehat di tengah pandemi, segmen ini akan membahas masalah seputar kesehatan yang bisa menjadi referensi Anda jika masih ragu untuk ke rumah sakit.

Anda dapat melayangkan pertanyaan melalui Instagram Sapa Indonesia_KompasTV sehari sebelum tayang atau melalui telepon interaktif saat ini di nomor 021-5366-0500.

Dan hari ini kita sudah mengundang dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi dokter Yuli Suciati.

Berikut beberapa pertanyaan yang sudah masuk memalui Instagram:

@Dwiikingg: “Dok, kenapa saya setiap selesai fisioterapi penyinaran kepala saya langsung pusing sekali? Apakah itu efek samping sinar tersebut atau bergantung juga dengan penyakit lain? Karena dari tensi normal, terima kasih dok.”

@ardanilpth: “Dok saya mau bertanya, saya pernah mengalami kecelakaan pada tahun 2012, patah tulang bagian lutut. Tempurung lutut saya pecah, pernah di pasang pen tapi hanya beberapa hari karena pihak keluarga tidak menginginkan dipasang pen lagi. Alhasil pen nya di copot lagi dan saya operasi dua kali memasang pen dan mengeluarkan pen. Sekarang kaki saya sudah sembuh, tapi lutut saya tidak bisa di tekuk, lurus terus dan panjang sebelah. Apa yang harus saya lakukan ya dok?”

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Tulang Rangka Manusia, Ada yang Tidak Terhubung dengan Tulang Lain

@fhmirynldi: “Dok saya ingin bertanya mengenai pemulihan pasca operasi pelepasan pen. Saya berencana untuk melepas pen di tulang paha saya setelah 4 tahun pasca operasi penyambungan patah tulang paha. Apakah setelah operasi pelepasan pen nanti otot saya akan kembali kaku seperti pasca operasi penyambungan tulang? Apakah saat masa pemulihan nanti diperlukan pelatihan otot seperti latihan menekuk kaki atau lutut? Dan apa saja yang perlu dilakukan pada masa pemulihan pasca operasi pelepasan pen di tulang paha? Terima kasih dok.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x