Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Pemeriksaan Scanner di Pelabuhan Batuampar Tak Difungsikan, Ombusdman Cium Potensi Penyalahgunaan

Kompas.tv - 11 Januari 2022, 03:05 WIB
pemeriksaan-scanner-di-pelabuhan-batuampar-tak-difungsikan-ombusdman-cium-potensi-penyalahgunaan
Pemeriksaan Gamma Ray Container Scanner atau scanner gamma yang tidak difungsikan di pelabuhan bongkar muat peti kemas atau kontrainer Batuampar, Batam, Kepulauan Riau, mendapati tanggapan serius dari Ombudsman perwakilan Kepri. (Sumber: KompasTV/Riki Ramahdoni)

BATAM, KOMPAS.TV - Pemeriksaan Gamma Ray Container Scanner atau scanner gamma yang tidak difungsikan di pelabuhan bongkar muat peti kemas atau kontrainer Batuampar, Batam, Kepulauan Riau, mendapati tanggapan serius dari Ombudsman perwakilan Kepri.

Kepala Perwakilan Ombudsman Kepulauan Riau (Kepri) Lagat Parroha Patar Siadari mengaku pihaknya baru mengetahui tidak difungsikannya scanner gamma dari laporan masyarakat.

Hal ini membuat pengawasan konvesional pemeriksaan kontainer di pelabuhan bongkar muat peti kemas menjadi tidak efektif, sehingga berpotensi terjadinya penyalahgunaan.

"Ini yang dikhawatirkan. Jangan sampai kekhawatiran KPK dulu, bahwa pontensi penyelundupan dari Batam ini saat tinggi," tegas Lagat saat meninjau lokasi Pelabuhan Batuampar, Batam, Senin (10/1/2022) sore.

Baca Juga: Percepat Transformasi Digital, Indonesia Gandeng Perusahaan Singapura Bangun Pusat Data di Batam

Rencana penghapusan aset Gamma Ray Container Scanner untuk pemeriksaan kontainer di pelabuhan bongkar muat peti kemas Batuampar, Batam, Kepulauan Riau, oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam ditentang oleh Ombudsman Kepulauan Riau. (Sumber: KompasTV/Riki Ramahdoni)

Dengan tidak berfungsinya scanner gamma ini, lanjut Lagat, mengindikasikan adanya dugaan atau potensi penyimpangan di lapangan.

"Bisa saja kan barang yang keluar atau masuk tidak diperiksa secara baik, kita tahu human error sangat tinggi. Akan tetapi alat teknologi kan lebih teliti dan cermat," ungkapnya.

Lagat berharap Badan Pengusahaan (BP) Batam kembali mengoptimalkan scanner gamma ini dengan baik ke depannya.

"Tentunya ini untuk tidak ada kekhawatiran penyalahangunaan atau dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, dalam masuknya barang melalui kontainer di Pelabuhan Batuampar," imbuhnya. (Riki Ramahdoni)

Baca Juga: Resmi Batasi Pintu Masuk Internasional, Menhub Tinjau Langsung Pelabuhan Batam

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Kantor Bulog Poso Terbakar

16 April 2024, 13:55 WIB

Close Ads x