Kompas TV nasional politik

Sekjen PDIP Sebut Tanah Abang Sekarang Macet Lagi, Anggota DPRD DKI: Macet di Mana?

Kompas.tv - 11 Januari 2022, 05:05 WIB
sekjen-pdip-sebut-tanah-abang-sekarang-macet-lagi-anggota-dprd-dki-macet-di-mana
Sejumlah kios di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, tampak tutup pada Minggu (26/12/2021). (Sumber: ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti/aa)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota DPRD DKI Jakarta Riano P Ahmad meminta agar kondisi kawasan Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat tidak dipolitisasi.

Riano mengatakan, banyak kios di Tanah Abang yang tutup karena terdampak pandemi Covid-19. Karena itu, dia merasa heran jika ada yang bilang Tanah Abang macet lagi.

"Karena Covid banyak kios di Tanah Abang tutup. Banyak juga pedagang yang akhirnya mengontrak tidak buka lagi usahanya. Jadi kalau dibilang sekarang ini macet, di mana?" kata Riano dalam siaran pers di Jakarta, Senin (10/1/2022), seperti dilansir Antara.

Legislator dari daerah pemilihan Jakarta I meliputi Tanah Abang itu mengaku sering melintas di kawasan yang terkenal dengan sentra perdagangan tekstil tersebut.

Anggota DPRD DKI dari Fraksi PAN itu justru menilai saat ini ada kemajuan di kawasan Tanah Abang selama periode kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan.

Baca Juga: KRL Tabrak Motor di Tanah Abang, Tidak Ada Korban Jiwa, Jadwal Commuter Line Terganggu

Ia menyebutkan, di antaranya, Jembatan Penyeberangan Multiguna Tanah Abang (Skybridge) yang bisa menghubungkan sejumlah titik strategis di kawasan tersebut.

Saat ini, tutur Riano, warga yang turun dari Stasiun Tanah Abang langsung terhubung dengan Skybridge dan dengan Halte Jak Lingko, Jalan Jati Baru, Halte TransJakarta, Blok F serta Blok G Tanah Abang.

Di masa lalu, sambung dia, warga kalau keluar stasiun mengalami kesulitan mengakses tempat yang dituju.

"Kesulitan ini dipicu banyak hal mulai dari kemacetan lalu lintas, kesemrawutan pedagang kaki lima, hingga kendaraan yang lalu lalang dengan kecepatan tinggi," papar Riano.

Ia juga menyinggung tentang pedagang kaki lima yang biasanya mangkal di Jalan Jatibaru Raya.

"Oleh Pemprov DKI dipindahkan ke Skybridge yang disediakan mencapai 446 kios," ujarnya.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Tegaskan Pembukaan Pasar Tanah Abang Saat PPKM Level 4 Sudah Sesuai Aturan

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyinggung kawasan Tanah Abang yang disebutnya macet lagi saat hadir dalam peringatan HUT PDI Perjuangan ke-49 di Banjir Kanal Timur (BKT), Jakarta Timur, Minggu (9/1/2021).

"Tanah Abang dulu sudah beres dan tidak macet, lha kok tiba-tiba Tanah Abang jadi macet, Tanah Abang jadi berubah," kata Hasto.

 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x