Kompas TV nasional peristiwa

DKI Jakarta Waspada Cuaca Ekstrem 7 Hari, BPBD DKI: Berpotensi Sebabkan Banjir Bandang

Kompas.tv - 11 Januari 2022, 06:10 WIB
dki-jakarta-waspada-cuaca-ekstrem-7-hari-bpbd-dki-berpotensi-sebabkan-banjir-bandang
Ilustrasi: banjir di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Utara, Sabtu (8/2/2020). (Sumber: KOMPAS.COM/WALDA MARISON)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta merilis peringatan terkait cuaca ekstrem yang harus diwaspadai untuk periode 9-15 Januari 2022.

Peringatan ini berpotensi banjir bandang. Masyarakat di wilayah DKI Jakarta diminta waspada terhadap potensi dari cuaca ekstrem ini.

BPBD DKI Jakarta secara khusus menyatakan potensi bencana dari cuaca ekstrem ini adalah banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," terang BPBD DKI, Senin (10/1/2022).

Baca Juga: Waspada Cuaca Ekstrem hingga Pekan Depan di 20 Wilayah Indonesia

Selama periode cuaca ekstrem selama 7 hari ini, curah hujan diperkirakan berlangsung dengan intensitas sedang-lebat. Selain itu hujan juga diperkirakan disertai kilat atau petir.

BPBD DKI secara khusus meminta seluruh masyarakat membekali kewaspadaan banjir dengan membaca buku panduan kesiapsiagaan.

"Diimbau kepada seluruh warga Jakarta untuk tetap menerapkan 6M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama," tulis BPBD DKI.

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x