Kompas TV advertorial

Tiga Kandungan yang Bantu Penyembuhan Luka Akibat Diabetes

Senin, 10 Januari 2022 | 18:39 WIB
tiga-kandungan-yang-bantu-penyembuhan-luka-akibat-diabetes
Live Talkshow Zona Inspirasi KompasTV bertema Luka Akibat Diabetes. (Sumber: KompasTV)

Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – Penyakit diabetes merupakan gangguan kesehatan yang banyak dijumpai di masyarakat. Hal ini tentu harus diwaspadai, mengingat diabetes merupakan penyakit kronis yang dapat mengundang komplikasi.

Kandungan glukosa dalam gula dibutuhkan tubuh untuk diubah menjadi energi. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, terdapat risiko kegagalan dari sel beta pankreas untuk memproduksi insulin yang berfungsi membantu penyerapan glukosa ke sel-sel tubuh.

Akibatnya, tubuh tidak mampu memproses gula darah dengan sempurna sehingga kadar gula darah menjadi terlalu tinggi. Ini berpengaruh pada proses tubuh dalam menyembuhkan luka yang ikut terganggu, sehingga penyandang diabetes kerap memiliki luka yang sulit sembuh.

Masyarakat biasa mendengar istilah diabetes basah dan kering. Dilansir dari Kompas.com (1/12/2021), istilah basah dan kering merujuk pada kondisi luka penyandang diabetes.

Baca Juga: 6 Fakta atau Mitos Diabetes Melitus: Apa Nasi yang Dimasak Kemarin Punya Kadar Gula Lebih Rendah?

Jika hanya disebabkan gangguan pembuluh darah, maka pasien biasanya tidak mengalami infeksi dan kaki hanya terlihat menghitam.

Namun pada luka yang terinfeksi, luka akan mengeluarkan nanah dan memunculkan bau. Hal ini sering terjadi di negara-negara tropis seperti Indonesia. Jika tidak segera ditangani, risiko terberat dari diabetes basah adalah tindakan amputasi.

Menangani luka penyandang diabetes

Meskipun diabetes masih sulit disembuhkan, terdapat langkah-langkah pengendalian diabetes dan upaya penanganan agar penyandang diabetes dapat menjalani aktivitas dengan normal, antara lain pemahaman mengenai penyakit diabetes, pengaturan makan, olahraga, dan penggunaan obat untuk mengendalikan gula darah.

Hindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula dan memperparah luka pasien diabetes. Selain rutin melakukan konsultasi dengan dokter, terapi diabetes juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi kandungan antiinflamasi yang dapat mencegah resistensi insulin dan membantu menyembuhkan luka diabetes.

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:06
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19