Kompas TV nasional update corona

Kasus Omicron Tembus 414 Orang, Kemenkes: Sebagian Besar Disebabkan Kedatangan Luar Negeri

Kompas.tv - 10 Januari 2022, 16:15 WIB
kasus-omicron-tembus-414-orang-kemenkes-sebagian-besar-disebabkan-kedatangan-luar-negeri
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan tingginya angka kasus positif Covid-19 varian Omicron didominasi oleh kedatangan luar negeri. (Sumber: Tangkapan Layar Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan tingginya angka kasus positif Covid-19 varian Omicron didominasi oleh kedatangan luar negeri.

Berdasarkan data yang dihimpun Kemenkes, sebanyak 13 persen positivity rate berasal dari kedatangan luar negeri sementara transmisi lokal hanya 0,2 persen.

"Kedatangan luar negeri 65 kali lebih tinggi dibandingkan dengan positivity rate transmisi lokal. Ini memperkuat hipotesa kami bahwa sebagian besar dari kasus positif yang terjadi saat ini disebabkan oleh kedatangan luar negeri," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Senin (10/1/2022).

Sementara itu, Kemenkes mencatat per total jumlah terkonfirmasi Omicron saat ini mencapai 414 orang. Sebanyak 31 orang kasus adalah transmisi lokal dan sisanya pelaku perjalanan luar negeri.

Budi mengatakan, dari ratusan kasus tersebut hanya dua orang yang masuk dalam kategori sedang dan membutuhkan oksigen.

Hal ini menunjukan bahwa transmisi Omicron akan jauh lebih tinggi dari varian Delta dengan jumlah kasus yang dirawat sedikit.

Baca Juga: Meski Omicron di Jakarta Tembus 400 Kasus, PTM 100 Persen Belum Ada Evaluasi Dihentikan

Berdasarkan catatan Kemenkes, saat ini ada 4 negara yang perlu diantisipasi lantaran angka kasus Omicronnya sedang tinggi. Negara tersebut meliputi Arab Saudi, Turki, Amerika Serikat, dan Uni Emirat Arab.

Oleh sebab itu, Kemenkes mulai saat ini akan mengubah strategi layanan yang sebelumnya fokus ke Rumah Sakit (RS). Kini akan lebih fokus ke rumah.

"Strategi layanan dari Kementerian Kesehatan akan digeser yang sebelumnya fokus ke RS sekarang fokus ke rumah. Karena bakal ada banyak orang yang kena dan tidak perlu ke rumah sakit," pungkasnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah meminta masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan luar negeri jika tidak terlalu penting.

“Sebagian besar kasus Omicron berasal dari pelaku perjalanan luar negeri. Karena itu masyarakat diharapkan menunda dahulu jika ingin pergi ke luar negeri,” katanya, Minggu (9/1/2022).

Menurut Siti Nadia, kasus penularan Omicron paling banyak berasal dari Turki dan Arab Saudi. Bahkan, meski seseorang telah divaksinasi Covid-19 dua dosis, virus tersebut tetap bisa menginfeksi.

Artinya vaksinasi tidak menjamin seseorang terhindar dari virus Covid-19. Bahkan kebanyakan kasus konfirmasi Omicron saat ini telah menginfeksi mereka yang telah lengkap vaksinasi nya.

“Kita harus waspada, jangan sampai tertular. Wajib disiplin terapkan protokol kesehatan meski sudah divaksinasi, jangan sampai tertular dan menularkan” ucap Nadia.

Baca Juga: Omicron di Jakarta Makin Meluas, Kasus Covid-19 Aktif pun Meningkat, Hampir Tembus 2.000



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x