Kompas TV feature news or hoax

Pemerintah Stop Ekspor Batubara | News Or Hoax

Kompas.tv - 10 Januari 2022, 12:10 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Pemerintah memutuskan untuk melarang seluruh perusahaan batubara melakukan ekspor mulai 1 januari 2022 hingga 31 januari 2022. Pelarangan ekspor batubara ini dilakukan karena kekhawatiran terhadap rendahnya pasokan untuk pembangkit listrik dalam negeri. Kebijakan larangan ekspor batubara ditujukan kepada tiga pihak, pertama direktur jenderal perdagangan luar negeri, kedua direktur jenderal bea cukai, dan ketiga direktur jenderal perhubungan laut sebagai otoritas terkait dengan larangan ekspor.

Kebijakan pelarangan ekspor batubara dapat menyebabkan nilai ekspor indonesia melorot drastis pada bulan ini. Sebab, selama ini batubara merupakan salah satu komoditas sumber daya alam andalan ekspor Indonesia.

Pemerintah mengambil langkah ini untuk mengamankan stok listrik bagi 10 juta pelanggan pln. Dengan pelarangan ekspor selama 1 bulan ini, diharapkan pasokan batubara untuk kelistrikan umum serta mengantisipasi kondisi cuaca ekstrem pada januari 2022 dan februari 2022 dalam negeri bisa teratasi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x