Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Mentan Jamin Pasokan Telur Aman, Harganya Kini Rp29.000/Kg

Kompas.tv - 10 Januari 2022, 07:06 WIB
mentan-jamin-pasokan-telur-aman-harganya-kini-rp29-000-kg
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat meninjau peternakan ayam petelur di Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan, Rabu (29/12/2021). (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan bahwa ketersediaan telur ayam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama beberapa bulan ke depan dalam kondisi aman dan cukup.

"Stok telur masih ada dan masih tetap tersedia dengan cukup baik," kata Syahrul dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (10/1/2022).

Syahrul menjelaskan, pemerintah tidak selalu mengintervensi pasar setiap ada kenaikan harga telur.

"Intervensi baru dilakukan apabila kenaikannya melampaui batas tertentu. Barulah kita lakukan operasi pasar dan pendekatan-pendekatan lain," ujar Syahrul.

Baca Juga: Sehat Mana Telur Rebus atau Telur Orak-arik untuk Diet? Ini Penjelasannya

Selain telur, ia juga menjamin pasokan daging ayam cukup untuk beberapa bulan ke depan. Pihaknya terus berupaya meningkatkan pasokan telur dan daging ayam, untuk menghindari fluktuasi harga.

Menurut Syahrul, kenaikan harga telur yang terjadi beberapa waktu lalu disebabkan karena adanya momentum Natal dan Tahun Baru 2022. Ia menilai, kenaikan yang terjadi masih dalam kendali pemerintah, di mana harga yang ada masih dalam titik batas wajar.

Baca Juga: Siap-siap, BUMN Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng Harga Rp14.000/Liter

Kata dia, hal itu sesuai arahan Presiden Joko Widodo, untuk meningkatkan produktivitas telur unggas. Kementan pun terus mendorong peternak ayam petelur maupun pedaging untuk bisa berkembang dengan baik sehingga fluktuasi pasokan dan permintaan masyarakat dapat terpenuhi.

Berdasarkan data Pusat Harga Pangan Strategis Nasional, harga rata-rata telur ayam per kilogram secara nasional sebesar Rp29.700 per tanggal 7 Januari 2022. Harga itu sudah turun dari sebelumnya Rp30.300 pada tanggal 31 Desember 2021.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x