Kompas TV nasional politik

Masa Jabatan Anies Berakhir 2022, Pengamat: Keuntungan untuk Maju Jadi Capres

Kompas.tv - 10 Januari 2022, 06:10 WIB
masa-jabatan-anies-berakhir-2022-pengamat-keuntungan-untuk-maju-jadi-capres
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Anies Baswedan.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berakhirnya masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta di tahun ini justru akan menjadi keuntungan untuk maju menjadi calon presiden (Capres).

Adapun pernyataan ini disampaikan oleh Direktur Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya.

"Berakhirnya masa jabatan Anies Baswedan di 2022 menurut saya malah menguntungkan dirinya dalam kapasitas maju sebagai capres," kata Yunarto seperti yang dilaporkan Reporter KOMPAS TV Agi Kurniasandi, Minggu (9/1/2021).

Yunarto menilai ketika sudah tak jadi Gubernur DKI Jakarta, Anies akan memiliki ruang gerak lebih banyak bila ingin melakukan kampanye untuk Capres 2024.

Mengingat, Anies yang saat ini masih menjabat sebagai gubernur masih memiliki keterbatasan untuk keluar dari daerah Ibu Kota.

"Kalau kita lihat bahkan harus dibuat seperti kerja sama BUMD antar provinsi sehingga keluar justifikasi dia keluar daerah yang diasumsikan oleh sebagian pihak sebagai kampanye terselubung," ujarnya.

"Sekarang dia bebas untuk bergerak keluar DKI, berbicara tentang isu lebih besar di level negara," lanjutnya.

Baca Juga: Nasdem Usul Tiga Nama Calon Gubernur DKI Jakarta 2024 Gantikan Anies, Ada Ahmad Sahroni, Selain Itu?

Selain itu, Yunarto menuturkan, berakhirnya masa jabatan Anies ini juga akan mempermudah untuk bertemu dengan para relawan yang sebelumnya telah mendeklarasikan Anies sebagai capres di Pilpres 2024.

Kuntungan itu, lanjut dia, hanya didapatkan Anies karena belum terikat oleh partai politik mana pun, seperti nama-nama politikus yang juga selalu muncul dalam survei Capres 2024.

"Ini yang tidak bisa dilakukan oleh capres lain yang surveinya juga cukup kuat. Hanya dimiliki oleh Anies dan Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat) yang tidak terikat oleh partai tertentu," katanya. 

"Berbeda dengan Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) dan Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) dari partai tertentu tanpa ada keputusan dari parpol mereka belum bisa bergerak," jelas Yunarto.

Seperti diketahui, masa jabatan Anies Baswedan dan wakilnya, Ahmad Riza Patria, akan berakhir pada 16 Oktober 2022.

Belakangan ini Anies juga digadang-gadang masuk dalam bakal calon presiden setelah namanya selalu muncul dalam survei Capres 2024.

Baca Juga: Politikus NasDem: Kapasitas Anies Presiden, Sudah Tidak Lagi Gubernur

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.