Kompas TV nasional politik

Puan Maharani Minta Pemerintah Kendalikan Harga Minyak Goreng

Kompas.tv - 9 Januari 2022, 15:05 WIB
puan-maharani-minta-pemerintah-kendalikan-harga-minyak-goreng
Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah untuk mengendalikan harga minyak goreng yang mahal. (Sumber: Tangkapan layar sambutan Puan di Milad Muhammadiyah)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah untuk mengendalikan harga minyak goreng yang mahal.

Ia menilai, harga minyak goreng yang mahal saat ini sebagai ironi mengingat Indonesia adalah salah satu negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia.

"Negara harus bisa memastikan rakyat dapat menikmati hasil bumi Tanah Airnya tanpa kesulitan," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (9/1/2022), dikutip dari Antara.

Dia mencontohkan negara Malaysia yang dapat memberikan subsidi minyak goreng untuk warganya dengan cukup baik yaitu menetapkan harga minyak goreng bersubsidi senilai RM 2,5 atau sekitar Rp8.500 per kilogram untuk kemasan sederhana.

Pemerintah Indonesia, kata politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu, harus bisa memberikan subsidi sebanyak-banyaknya untuk rakyat untuk menstabilkan harga pangan sehingga beban rakyat akan terbantu.

Baca Juga: Mendag Lutfi Janjikan Distribusi Minyak Goreng Terjangkau Rp14 Ribu Pekan Depan

Dia menyoroti tingginya harga minyak goreng, sehingga disarankan agar pemerintah menyalurkan minyak goreng murah bersubsidi secara merata.

Hal tersebut, menurut Puan, karena sampai saat ini harga minyak goreng di pasaran masih sekitar Rp20.000 per liter.

Selain itu, Puan mendukung langkah anak usaha holding perkebunan PT Industri Nabati Lestari (INL) yang sedang mengembangkan produksi turunan minyak sawit.

INL mengeluarkan merek minyak goreng ekonomis seharga Rp14.000 per liter sesuai dengan harga acuan yang ditetapkan Pemerintah.

"Merek minyak goreng ini dapat menunjang kebijakan Pemerintah yang menargetkan 1,2 juta liter minyak goreng subsidi untuk menekan lonjakan harga," ujarnya.

Baca Juga: Jaga Stabilitas Harga, Pemerintah Sediakan Minyak Goreng Rp 14 Ribu per Liter



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.