Kompas TV internasional kompas dunia

Dari Kerusuhan di Kazakhstan, Terlihat Tanda-Tanda Elite Saling Berebut Kekuasaan

Kompas.tv - 8 Januari 2022, 18:19 WIB
dari-kerusuhan-di-kazakhstan-terlihat-tanda-tanda-elite-saling-berebut-kekuasaan
Suasana gesekan antara pasukan keamanan di Almaty, Kazakhstan, dengan sebagian pengunjuk rasa pada 5 Januari lalu. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BISHKEK, KOMPAS.TV - Bukan kejutan besar ketika di sebuah kota minyak yang runtuh di Kazakhstan barat terdapat gelombang protes pada Minggu (2/1/2022) lalu. Aksi ini mengingatkan tragedi 10 tahun lalu, saat pasukan keamanan di sana membunuh lebih dari selusin pekerja yang mogok karena gaji dan kemiskinan.

Tapi tetap menjadi misteri bagaimana protes damai atas kenaikan harga bahan bakar akhir pekan lalu di Zhanaozen, pemukiman era Soviet yang kotor di dekat Laut Kaspia, tiba-tiba menyebar lebih dari 1.600 km di seluruh negara terbesar di Asia Tengah, mengubah kota Kazakh terbesar dan paling makmur menjadi zona perang yang dipenuhi mayat, bangunan yang terbakar, dan mobil yang dibakar.

Kekerasan minggu ini di Almaty, bekas ibu kota yang masih menjadi pusat bisnis dan budayanya, mengejutkan hampir semua orang, termasuk pemimpinnya sendiri, yang dibentengi oleh pasukan Rusia, dan juga para lawan politik dan pengkritik pemerintah Kazakhstan.

Presiden Kazakhstan pada hari Jumat memerintahkan pasukan keamanan untuk "menembak tanpa peringatan" untuk memulihkan ketertiban.

Krisis tersebut bertepatan dengan perebutan kekuasaan di dalam pemerintahan, memicu pembicaraan bahwa orang-orang yang bertempur di jalan-jalan adalah proksi faksi-faksi yang bertikai dari elite politik.

Ada juga spekulasi hangat tentang campur tangan Kremlin dan sejumlah kemungkinan penyebab lainnya.

Satu-satunya hal yang jelas adalah gejolak di negara itu melibatkan lebih dari sekadar bentrokan langsung antara pengunjuk rasa yang mengungkapkan ketidakpuasan dengan aparat keamanan yang kejam dari rezim otoriter.

Baca Juga: Usai Dipecat, Mantan Bos Komite Keamanan Kazakhstan Ditahan atas Tuduhan Makar dan Pengkhianatan

Komite Keamanan Kazakhstan mengumumkan penahanan mantan ketua komite keamanan nasional, Karim Massimov, atas tuduhan makar dan pengkhianatan. Massimov, yang dipecat minggu ini ketika protes berkecamuk di seluruh negara Asia Tengah itu, ditahan bersama beberapa pejabat lain. (Sumber: France24)

Kazakhstan sekarang sebagian besar tertutup dari dunia luar, di mana bandara utamanya tutup dan dikomandoi oleh pasukan Rusia, sementara layanan internet dan saluran telepon sebagian besar mati, sehingga membuat informasi langka.

Presiden Kassym-Jomart Tokayev pada hari Jumat mengecam kaum liberal dan pembela hak asasi manusia, sekaligus menyesali bahwa pihak berwenang terlalu lemah.

Tidak banyak orang yang memercayainya, terutama karena itu adalah pesan yang didukung oleh Rusia, yang pada hari Kamis mengirim pasukan untuk membantu Tokayev mendapatkan kembali kendali.

Tokayev dianggap Barat memiliki catatan panjang dalam menafsirkan semua ekspresi ketidakpuasan di dalam negeri dan di wilayah bekas Soviet lainnya sebagai karya pembuat onar liberal yang tidak puas.

Tapi ada bukti yang berkembang bahwa kekacauan di Almaty, pusat dari kekacauan minggu ini, lebih dari sekedar kekuasaan rakyat yang mengamuk.

Tokayev, dalam sebuah pidato kepada rakyatnya hari Jumat menyinggung hal itu, mengeklaim kekerasan itu adalah pekerjaan sekitar 20.000 "bandit" yang katanya diorganisir dari "satu pos komando".

Seruan untuk negosiasi dengan orang-orang seperti itu, tambahnya, adalah "omong kosong" karena "mereka perlu dihancurkan dan ini akan dilakukan".

Baca Juga: China Dukung Kazakhstan Atasi Kerusuhan, Tuding Ada Pengaruh Asing yang Ingin Picu Revolusi

Presiden China Xi Jinping memberikan dukungan kepada Kazakhstan untuk mengatasi kekacauan yang tengah terjadi di sana. (Sumber: Li Xiang/Xinhua via AP)

Danil Kislov, seorang ahli Rusia di Asia Tengah yang mengelola Fergana, sebuah portal berita yang berfokus pada wilayah tersebut, berspekulasi kekacauan itu adalah hasil dari "perebutan kekuasaan yang putus asa" antara klan politik yang bertikai, yaitu orang-orang yang setia kepada Tokayev, 68 tahun, dan mereka yang terikat dengan pendahulunya yang berusia 81 tahun, Nursultan Nazarbayev.

Pada puncak kerusuhan pada hari Rabu, presiden mengumumkan dia telah mengambil alih sebagai kepala dewan keamanan, pekerjaan yang sampai saat itu dipegang oleh Nazarbayev, yang mengundurkan diri sebagai presiden pada tahun 2019 tetapi mempertahankan kekuasaan yang luas dan diberi gelar kehormatan Elbasy, atau pemimpin bangsa.



Sumber : New York Times/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x