Kompas TV internasional kompas dunia

Iran Pamerkan Peluru Kendali Balistik di Tengah Perundingan Nuklir dengan Negara-Negara Barat

Kompas.tv - 8 Januari 2022, 01:29 WIB
iran-pamerkan-peluru-kendali-balistik-di-tengah-perundingan-nuklir-dengan-negara-negara-barat
Seorang perempuan berjalan melewati peluru kendali Qiam, kiri, Zolfaghar, kanan atas, dan Dezful yang dipamerkan pasukan Pengawal Revolusi hari Jumat, 7 Januari 2022, sehari sebelum peringatan kedua serangan rudal Iran di pangkalan Amerika Serikat di Irak sebagai pembalasan atas serangan pesawat tak berawak  yang membunuh jenderal top Iran Qassem Soleimani di Baghdad. (Sumber: AP Photo/Vahid Salemi)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

DUBAI, KOMPAS.TV - Iran memamerkan tiga rudal balistik di lapangan terbuka di pusat kota Teheran, seperti dilansir Associated Press, Jumat (7/1/2022).

Peluru kendali yang dikenal sebagai Dezful, Qiam dan Zolfaghar diklaim memiliki jangkauan resmi hingga 1.000 kilometer, kata pasukan Garda Revolusi Iran.

Pameran tersebut dilakukan di tengah pembicaraan di Wina yang bertujuan menghidupkan kembali kesepakatan nuklir antara negara-negara Barat dan Iran. Pertemuan itu sendiri terlihat belum menghasilkan kemajuan.

Para diplomat dari negara-negara yang tetap dalam kesepakatan nuklir 2015, yakni Inggris, Prancis, Jerman, Rusia dan China, bekerja dengan Teheran untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir, yang berusaha membatasi ambisi nuklir Iran dengan imbalan pencabutan sanksi ekonomi.

Diplomat Amerika Serikat hadir pada pembicaraan nuklir di Wina, tetapi mereka tidak dalam pembicaraan langsung dengan Iran.

Kesepakatan nuklir 2015 runtuh pada 2018 ketika Presiden Donald Trump secara sepihak menarik Amerika Serikat dari kesepakatan dan memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran.

Baca Juga: China Dukung Iran dalam Kasus Soleimani, Sebut AS Penjahat Perang dan Pakai Cara Teroris

Seorang ulama Syiah berjalan melewati peluru kendali Zolfaghar, kiri, dan peluru kendali Dezful, kanan, yang dipamerkan pasukan pengawal revolusi Iran (Sumber: AP Photo/Vahid Salemi)

Sebuah laporan televisi pemerintah Iran mengatakan peluru kendali yang dipamerkan adalah jenis yang digunakan untuk menyerang pangkalan Amerika Serikat di Irak.

Tampilan itu muncul pada peringatan kedua serangan rudal balistik di pangkalan-pangkalan yang menampung pasukan Amerika di Irak sebagai pembalasan atas serangan pesawat tak berawak AS yang menewaskan jenderal top Iran Qassem Soleimani di Baghdad pada tahun 2020.

Militer Iran secara keliru menembak jatuh Ukraina International Airlines Penerbangan PS752 dengan dua rudal permukaan-ke-udara setelah serangan, menewaskan semua 176 orang di dalamnya.

Setelah berhari-hari menyangkal, Garda Revolusi Iran secara terbuka meminta maaf, menyalahkan operator pertahanan udara yang menurut pihak berwenang salah mengira Boeing 737-800 sebagai rudal jelajah Amerika.

Pengadilan militer Iran pada bulan November menggelar sidang atas 10 orang yang diduga memiliki peran dalam menjatuhkan pesawat Ukraina.

TV pemerintah melaporkan upacara peringatan bagi para korban diadakan di pemakaman utama Teheran dengan kehadiran keluarga mereka serta pejabat.

 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x