Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Jahe dan Tanaman Herbal Ini Ternyata Ampuh Usir Nyamuk, Bagaimana Caranya?

Kompas.tv - 8 Januari 2022, 04:05 WIB
jahe-dan-tanaman-herbal-ini-ternyata-ampuh-usir-nyamuk-bagaimana-caranya
Ilustrasi nyamuk. Jahe dan sejumlah tanaman herbal ampuh mengusir nyamuk. (Sumber: Shutterstock)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Selain mengganggu, nyamuk dapat menularkan penyakit jika menggigit Anda atau keluarga. Nyamuk bisa saja mengerubuti Anda ketika tidur.

Pada musim hujan, gangguan nyamuk pun umumnya meningkat. Tentu Anda tidak ingin serbuan nyamuk mengganggu kenyamanan keluarga di rumah.

Terdapat beragam cara mengusir nyamuk. Salah satunya menggunakan jahe.

Melansir Hunker via Kompas.com, penelitian membuktikan bahwa jahe efektif mengusir nyamuk. Ekstrak minyak jahe disebut ampuh mengusir jenis nyamuk tertentu.

Minyak esensial jahe memuat 45% bahan insektisida aktif dan 61% bahan aktif penolak nyamuk. Artinya, aroma jahe dapat mengusir nyamuk di sekitarnya atau bahkan membunuhnya.

Baca Juga: Banyak Nyamuk di Rumah? Pakai 4 Bahan Alami Ini Dijamin Bebas dari Gigitan Nyamuk

Minyak jahe bisa mengusir nyamuk Aedes aegypti yang seringkali memuat penyakit berbahaya. Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Vector Ecology edisi Mei 2014, minyak jahe dengan konsentrasi 5% memiliki efektivitas pengusiran hingga 76,2% dan 23,8% efektif membunuh nyamuk.

Selain jahe, sejumlah tanaman herbal juga disebut efektif mengusir nyamuk, terutama tanaman herbal dengan aroma kuat.

Sebuah studi tahun 2018 menyebut ekstrak kayu putih efektif mengusir nyamuk.

Ekstrak serai dan kemangi juga efektif. Bahkan, dua ekstrak ini disebut lebih ampuh dibanding jahe. Konsentrasi 10% serai dan kemangi memiliki efektivitas 100% mengusir nyamuk.

Selain itu, lemon balm, lemon thyme, bee balm, rosemary, mint, lavender, dan catnip juga dilaporkan bisa mengusir nyamuk.

Saat tidur, Anda bisa membalurkan salah satu minyak di atas sebagai perlindungan dari nyamuk. Namun, lebih baik oleskan sedikit lebih dulu untuk memastikan kulit Anda tidak alergi.

Baca Juga: Diduga Karena Obat Nyamuk Bakar, 10 Mobil Pemadam Kebakaran Dikerahkan ke Lokasi Kebakaran


 



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x