Kompas TV entertainment musik

Lagu Baru Grup Musik Keroncong Alternatif Yogyakarta Usung Isu TKW

Kompas.tv - 7 Januari 2022, 21:43 WIB
lagu-baru-grup-musik-keroncong-alternatif-yogyakarta-usung-isu-tkw
Grup musik keroncong alternatif asal Yogyakarta, Tjongpick, kembali membuat gebrakan setelah hampir satu dasawarsa absen (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Deni Muliya

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Grup musik keroncong alternatif, Tjongpick, kembali membuat gebrakan setelah hampir satu dasawarsa absen.

Grup musik keroncong dari Yogyakarta ini merilis lagu baru berjudul Ngatidjem.

“Lagu Ngatidjem mengangkat permasalahan TKW dari sisi perempuan yang berangkat menjadi pahlawan devisa, sekaligus dari sisi keluarga yang ditinggalkan di Indonesia,” ucap Seno, vokalis Tjongpick, dalam siaran pers, Jumat (7/1/2022).

Rencananya, lagu ini dirilis pada 11 Januari 2022 melalui channel YouTube tjongpick_official dan juga tersedia di media platform seperti  iTunes, Spotify, Joox, dan berbagai media publisher Netrilis.

Baca Juga: Vaksin di Gereja Dihibur Musik Keroncong

Dalam karyanya kali ini, Tjongpick bekerja sama dengan Yayasan Rumah Kasih Sekartaji Ayuwangi (YRKSA) yang bergerak di bidang sosial dan kesehatan mental. Sementara, pembuatan video klip dibantu studio Aduhai.

Grup musik keroncong yang lahir pada 29 September 1999 ini sengaja memilih lagu Ngatidjem sebagai simbolisasi dan bentuk suara yang dilandasi pengetahuan, cinta, keadilan, pengabdian, dan kesabaran dalam kehidupan.

Menurut Seno, seperti sering diberitakan media, banyak TKW mendapatkan perilaku tidak adil dari majikan mereka.

Tak sedikit pula yang mengalami kekerasan fisik maupun psikologis.

Baca Juga: Maestro Keroncong Waldjinah Mendapatkan Penghargaan Seni Seumur Hidup

Grup musik keroncong asal Yogyakarta, Tjongpick, berharap  lagu Ngatidjem ini dapat diterima semua generasi,  sehingga musik keroncong bisa lestari sebagai peninggalan warisan budaya Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.