Kompas TV nasional politik

Sekjen PDIP Sebut Jokowi akan Pilih Pj Gubernur yang Kebijakannya Senafas dengan Pemerintah Pusat

Kompas.tv - 7 Januari 2022, 18:30 WIB
sekjen-pdip-sebut-jokowi-akan-pilih-pj-gubernur-yang-kebijakannya-senafas-dengan-pemerintah-pusat
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan terkait pasokan batu bara, LNG, dan harga minyak goreng pada Senin (3/2/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS TV - Sebanyak 101 kepala daerah akan berakhir masa jabatannya tahun 2022 dan 170 kepala daerah lagi berakhir masa jabatan 2023. 

Artinya 271 daerah akan dipimpin kepala daerah bersifat sementara berupa pelaksana tugas (Plt) atau pejabat sementara (Pjs). 

Nantinya, untuk posisi Pejabat (Pj) Gubernur akan dipilih langsung oleh Presiden Jokowi yang diusulkan oleh Kementerian Dalam Negeri. 

Sementara bagi Pj Bupati dan Wali Kota tak sampai Kepala Negara yang memilihnya. Sebab, mereka cukup dipilih oleh gubernur atau dari Kementerian Dalam Negeri. 

Baca Juga: Politikus PDIP: Kemendagri Harus Selektif Mengajukan Nama Pj Gubernur ke Jokowi

Menanggapi hal itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menilai, Presiden Jokowi akan memilih sosok sebagai Pj Gubernur yang memiliki rekam jejak baik dan seirama dengan program pemerintah pusat. 

Alasannya karena program pemerintah pusat harus dijalankan secara baik oleh seluruh kepala daerah, sehingga masyarakat bisa merasakan hadirnya pemerintah saat terjadi krisis ekonomi akibat adanya pandemi Covid-19.

"Pak presiden juga akan mencari sosok-sosok yang kebijakannya nanti senafas dengan pemerintah pusat di dalam sekala prioritas mengatasi pandemi demi berbagai varian itu," kata Hasto di Kantor PDIP, Jakarta Selatan, Jumat (7/1/2021). 

Selain itu, ia mengimbau agar Mendagri Tito Karnavian mulai melakukan penyaringan nama-nama yang diusulkan menjadi Pj Gubernur kepada Presiden Jokowi. 

Baca Juga: PDIP Sebut Nama Heru Budi Hartono Bakal Gantikan Anies sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta

"Kita harapkan aspek-aspek kepemimpinan yang membangun masyarakat di wilayah yang dipimpinnya untuk membawa kemajuan itulah yang diharapkan dari kriteria utama dari Pj untuk membangun kondisifitas untuk pemilukada, untuk melajutkan agar pemerintah efektif dengan program-program kerakyatan."

"Sehingga dari aspek-aspek itu kami percaya Pak Mendagri akan mampu menjalankan tugasnya untuk memilih Pj yang terbaik," ujarnya. 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.