Kompas TV regional berita daerah

Sekolah Sering Banjir, Siswa Belajar Di Kolong Rumah

Kompas.tv - 7 Januari 2022, 16:25 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

POLMAN, KOMPAS.TV - Puluhan siswa sekolah dasar di polewali mandar  sulawesi barat  terpaksa belajar di kolong rumah warga  lantaran gedung sekolah mereka kerap diterjang banjir dan rusak.

Beginilah aktifitas puluhan siswa –siswi sekolah dasar negeri 57 papandangan  kecamatan anreapi  polewali mandar.  Usai libur sekolah para siswa ini tak langsung mengikuti aktifitas belajar mengajar  namun sibuk memindahkan peralatan sekolah ke rumah warga yang tak jauh dari sekolah .

Beberapa rumah telah dipilih oleh pihak sekolah untuk ditempati sebagai ruang belajar. Namun lokasi yang ditempati adalah kolong rumah warga. Meski hanya menggunakan terpal sebagai pembatas dan berlantai tanah 58 siswa ini mengaku siap belajar dalam kondisi tak layak seperti ini.

Pihak sekolah memilih meninggalkan gedung sekolah mereka  lantaran kondisi sekolah mereka tak lagi layak dan rusak . Berada tepat dipinggiran sungai  gedung sekolah mereka terus diterjang material banjir disetiap musim penghujan. Pihak sekolah juga kawatir akan keselamatan siswa jika terus menempati lokasi ini  bahkan sampai saat ini material banjir berupa batu dan lumpur masih menimbun halaman dan seluruh ruang kelas . Menurut pihak sekolah banjir telah menerjang sekolah mereka sebanyak empat kali selama tahun 2021.

Menanggapi kejadian ini pemerintah polewali mandar mengaku telah menyiapkan lahan untuk pembangunan gedung sekolah baru yang layak. Siswa dan guru berharap relokasi gedung sekolah yang baru secepatnya terwujud hingga siswa tidak terus belajar dikolong rumah warga seperti saat ini .


#longsor
#cuacaburuk
#bmkg



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x