Kompas TV video vod

Dapatkan Vaksin Dosis Pertama dan Kedua! Jika Sudah, Segera Ambil Kesempatan Booster!

Jumat, 7 Januari 2022 | 14:55 WIB

Penulis : Edwin Zhan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Antisipasi penyebara varian Omicron, pemerintah akan mempercepat upaya vaksinasi Covid-19, termasuk pemberian vaksin dosis ketiga (booster) kepada masyarakat.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemberian vaksin booster kepada masyarakat diharapkan dapat mencegah penyebaran varian Omicron.

Selain itu, Menkes juga menambahkan, dengan menerapkan protokol keseahatan (prokes) dan memperkuat tracing dan testing mampu mencegah penyebaran varian Omicron di Indonesia.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum menyiapkan strategi khusus mengendalikan Covid-19 yang kasusnya meningkat akibat varian Omicron.

Alasannya, ketersediaan tempat tidur dan ruang ICU rumah sakit di Jakarta masih mencukupi.

Kasus Omicron di Jakarta kini meningkat menjadi 252 kasus.

239 kasus datang dari pelaku perjalanan luar negeri, sisanya transmisi lokal.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria pun mengingatkan masyarakat untuk tetap patuh prokes, terutama untuk anak-anak yang kini sudah kembali ke sekolah.

Kasus Covid-19 di DKI Jakarta diketahui mengalami peningkatan.

Dari 955 kasus aktif yang tercatat para Rabu (5/1) kemarin, 706 di antaranya adalah pelaku perjalanan luar negeri.

Begitu pun dengan varian omicron; berdasarkan data harian Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, tercatat sebanyak 1.206 pasien Covid-19 menjalani isolasi di sana.

Persentase tingkat keterisian tempat tidur di RSDC Wisma Atlet mencapai 32 persen.

Sementara, jumlah pasien Covid-19 varian Omicron yang menjalani isolasi di RSDC Wisma Atlet sudah mencapai 136 orang, mereka ditempatkan di lantai 10 pada Tower 5 dan lantai 10 pada Tower 6.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x