Kompas TV religi beranda islami

Doa agar Mampu Naik Haji atau Umrah, Baiknya Dibaca Jumat atau Sepertiga Malam

Jumat, 7 Januari 2022 | 08:01 WIB
doa-agar-mampu-naik-haji-atau-umrah-baiknya-dibaca-jumat-atau-sepertiga-malam
Jemaah haji mengelilingi Kabah, bangunan berbentuk kubus di Masjid Al Haram, sembari menerapkan jaga jarak. Bacalah doa ini agar bisa haji maupun umrah, baiknya dibaca jumat dan sepertiga malam (Sumber: AP/STR)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Naik haji maupun umrah adalah keinginan setiap muslim. Tapi, tidak semua bisa atau ‘dimampukan’ oleh Allah berkunjung ke Tanah Suci.

Selain ikhtiar, ada baiknya kita mengamalkan doa agar dimampukan oleh Allah SWT bisa berkunjung ke Tanah Suci.

Apalagi, saat ini pemerintah berencana membuka kembali umrah dan haji.

Dalam firman Allah surat Ali Imran disebutkan perihal haji. 

“… mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam." (QS. Ali Imran: 97).

Para ulama menafsirkan ayat ini dengan, haji sebagai bukan sekadar ‘yang mampu’ belaka, tapi panggilan khusus dari Allah SWT.

Saat pandemi begini, persoalan ‘mampu’ dan panggilan Allah begitu terlihat.

Bisa jadi mampu secara finansial, sudah mendaftar, namun seperti saat ini karena faktor pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir 2 tahun gagal terbang ke Tanah Suci.

Hal ini seakan menegaskan, haji adalah panggilan Allah. Jika Allah belum memanggil untuk ke Tanah Suci, maka ya memang belum ditakdirkan umrah atau haji.

Doa naik haji berikut ini merupakan ikhtiar untuk dipanggil oleh Allah SWT agar bisa mendekat kepada-Nya di tanah suci.

Doa agar cepat naik dan umrah ini termaktub dalam Alquran Surat Al-Baqarah ayat  127 dan 128.

Baiknya, doa ini bisa diamalkan waktu mustajab doa, seperti pas hari jumat usai salat Jumat,  dan lebih utama lagi diamalkan saat sepertiga malam.

Baca Juga: Bacaan Doa Jumat Pagi yang Melebur Segala Dosa

Doa agar Cepat Naik Haji dan Umrah

inilah doa dari Alquran agar cepat naik dan umrah, baiknya dibaca pas jumat atau sepertiga malam (Sumber: Kompas.tv/Dedik Priyanto)

Teks Arab: Robbana Taqobbal Minna Innaka Antas Sami'ul Alim. Robbana Waj'alna muslimaeni laka wa min dzurriyatina ummatan muslimatan laka wa arina mana sikanaa watub 'alaina innaka antat tawabuurrohim.

Artinya: Ya Tuhan kami semoga Engkau menerima (amalan ibadah kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Ya Tuhan kami, semoga Engkau berkenan dapat menjadikan kami berdua (suami-istri) orang yang tunduk patuh kepada Engkau serta (menjadikan) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau. dan semoga Engkau selalu berkenan memberikan petunjuk kepada kami agar dapat menunaikan ibadat haji, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Baqarah: 127-128)

Semoga Allah memanggil kita untuk segera bisa ke tanah suci. Amin.

Wallahu a’lam


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


VOD

Pernyataan Baru Kapolri di Kasus Ferdy Sambo

Senin, 29 Agustus 2022 | 00:01 WIB
Close Ads x