Kompas TV nasional peristiwa

Resmikan Bendungan Randugunting di Blora, Jokowi Berharap Ketahanan Pangan di Indonesia

Kompas.tv - 5 Januari 2022, 17:36 WIB
resmikan-bendungan-randugunting-di-blora-jokowi-berharap-ketahanan-pangan-di-indonesia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

BLORA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Randugunting, di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu (5/1/2022) siang.

"Alhamdulillah kita bisa melihat Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah telah selesai dan bisa di manfaatkan," kata Jokowi seperti yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menuturkan waduk ini akan menjadi sumber pengairan sawah di tiga kabupaten setempat.

"Bendungan ini memiliki kapasitas tampung air sebesar 14,4 juta meter kubik dan bisa mengairi kurang lebih 650 hektare sawah, yang berada di Kabupaten Blora, Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang," jelasnya.

Lebih lanjut, Kepala Presiden ini berharap dengan selesainya waduk Randugunting ini dapat memperkuat ketahanan pangan dan kemandirian pangan Indonesia.

"Karena kunci dari ketahanan pangan adalah air, dan air itu akan ada kalau kita memiliki waduk sebanyak-banyaknya," ungkapnya.

Selain untuk pengairan, Jokowi menuturkan pembangunan waduk ini juga ditujukan untuk destinasi wisata.

Baca Juga: Jokowi Larang Ekspor Batu Bara, Harganya Capai Kenaikan Tertinggi Sejak Desember 2021

Mantan Wali Kota Surakarta ini berharap waduk Randugunting dapat menjadi tempat pariwisata yang sangat baik bagi Kabupaten Blora dan masyarakat sekitarnya

"Dengan mengucap bismillah waduk randu gunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada siang hari ini saya nyatakan diresmikan," ucap Jokowi.

Sebagai informasi, peresmian waduk Randugunting ini menjadi bagian dari rangkain kunjungan kerja Jokowi di Jawa Tengah pada hari ini.

Sebelum meresmikan waduk, Jokowi juga telah menyambangi pasar tradisional yang terletak di  Kabupaten Sragen dan Kabupaten Grobogan.

Dalam kunjungannya itu, Jokowi membagikan bantuan uang tunai serta sembako bagi para Pedagang Kaki Lima (PKL) di pasar tradisional tersebut.

Di Grobogan, dia juga menyempatkan untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak yang digelar di SD Negeri 3 Nglinduk Kecamatan Gabus.

Baca Juga: DPR Respons Jokowi soal RUU TPKS: Kami Prioritaskan Segera ke Bamus untuk Dikirim ke Presiden



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x