Kompas TV nasional agama

Wapres Maruf: Pancasila Lindungi Kebebasan Memeluk Agama

Rabu, 5 Januari 2022 | 16:32 WIB
wapres-maruf-pancasila-lindungi-kebebasan-memeluk-agama
Wapres Maruf beri sambutan di acara Universitas Pancasila dan meresmikan 6 rumah ibadah di kampus tersebut. Wapres menyatakan, Pancasila menjadi jaminan bahwa negara melindungi kebebasan masyarakat untuk memeluk agama yang diyakini. (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Universitas Pancasila )

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, Pancasila menjadi jaminan bahwa negara melindungi kebebasan masyarakat untuk memeluk agama yang diyakini.

Kebebasan ini, kata Wapres, terkait hak untuk memeluk dan menjalankan kegiatan keagamaan mereka masing-masing.

Negara akan melindungi warganya. Untuk itulah, Pancasila jadi titik temu agama-agama yang ada di Indonesia.

Selain itu, wapres juga mengatakan soal Pancasila yang dianggap cocok dengan masyarakat Indonesia. Bahkan, kata Wapres, sebagai dasar agama, Pancasila sejajalan dengan nilai agama yang dianut oleh masyarakat Indonesia

Hal itu diungkapkan Wapres Ma'ruf Amin saat meresmikan 6 rumah ibadah di lingkungan kampus Universitas Pancasila, Jakarta, Rabu (5/1/2022).

"Pancasila menjadi jaminan bahwa negara melindungi kebebasan memeluk agama," kata Wapres dalam sambutannya sebagaimana diikuti KOMPAS.TV secara daring, Rabu (5/1).

Baca Juga: Wapres Maruf Resmikan 6 Rumah Ibadah di Universitas Pancasila, Jadi yang Pertama di Indonesia

Hal itu juga, kata Wapres, menunjukkan pluralitas agama di Indonesia yang menurutnya merupakan keniscayaan yang harus disyukuri dan dipelihara oleh seluruh elemen masyarakat.

"Keberagaman ini, apabila kita rawat dengan pengetahuan dan toleransi, maka akan menjadi kekayaan yang luar biasa, yang jarang dimiliki oleh bangsa lain di dunia," tegasnya.

Wapres Ajak Jaga Toleransi, Melindungi dari Ekstremisme

Wapres juga mengajak masyarakat untuk menjaga keberagaman di tengah kemajemukan bangsa Indonesia.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x