Kompas TV regional berita daerah

Kota Semarang Siap PTM 100 Persen

Kompas.tv - 5 Januari 2022, 13:05 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Capaian vaksinasi Covid-19 pada guru dan siswa di Kota Semarang Jawa Tengah, sudah mencapai 80 persen lebih dan level 1 PPKM. Pemerintah Kota Semarang sudah siap menggelar pembelajaran tatap muka 100 persen. Dinas Pendidikan Kota Semarang akan segera mengeluarkan surat edaran sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran tatap muka di tahun 2022. 

Sesuai SKB 4 Menteri tentang pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19, Kota Semarang siap menggelar pembelajaran tatap muka full day, terutama untuk siswa SMP dan SMA/SMK. Sesuai aturan terbaru, kegiatan belajar mengajar PTM di sekolah diperbolehkan melibatkan siswa sebanyak 100 persen, mulai semester kedua tahun ajaran 2021/2022.

"Capaian vaksinasi untuk guru dan peserta didik sudah lebih dari 80 persen. Kemudian kita sudah level 1. Sehingga kita sudah bisa memenuhi kriteria nomor satu yang 100 persen. Artinya 1 kelas itu kapasitasnya 32 siswa ya, kita bisa penuhi 32 siswa. Kemudian harinya ya full jadi setiap hari kalau yang biasa 5 hari ya 5 hari, kalo yang 6 hari ya 6 hari. Untuk jam pelajarannya tetap masih 6 jam setiap harinya," kata Gunawan Saptogiri, Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang.

Sementara di SMP Negeri 31 Kota Semarang sudah melakukan persiapan pembelajaran tatap muka 100 persen, seperti mulai menambah jam pelajaran setiap hari. Selain itu, pihak sekolah juga akan melakukan metode pembelajaran dibagi dua sesi, yakni pagi dan siang dengan jumlah siswa yang berada di kelas sebanyak 100 persen. Dan saat ini pihak sekolah masih menunggu kebijakan PTM 100 persen dari Dinas Pendidikan Kota Semarang.

"Terkait dengan SKB 4 Mentri untuk masuk 100 persen, dari SMP 31 Semarang siap untuk melakukan itu. Hanya kita masih menunggu juknis dari Dinas Pendidikan Kota Semarang model 100 persennya bagaimana nantinya," ujar Agung Nugroho, Kepala  Smp Negeri 31 Kota Semarang.

Dengan adanya dukungan dana bos dalam penerapan protokol kesehatan di sekolah, diharapkan sekolah dapat menguapayakan sarana dan prasarana untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Kota Semarang.

#ptm #dinaspendidikan #kotasemarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x