Kompas TV olahraga kompas sport

Hancur Lebur di AFF 2020, Malaysia Dekati Luis Milla Eks Pelatih Timnas Indonesia?

Kompas.tv - 5 Januari 2022, 12:37 WIB
hancur-lebur-di-aff-2020-malaysia-dekati-luis-milla-eks-pelatih-timnas-indonesia
Luis Milla saat menjadi pelatih timnas. Ia dikabarkan diminati FAM Malaysia usai babak belur di AFF 2020 (Sumber: FERI SETIAWAN/BOLASPORT)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Usai hancur lebur dalam gelaran AFF 2020 yang membuat pelatih Tan Cheng Hoe mundur, Federasi Malaysia (FAM) Malaysia dikabarkan melakukan penjajakan dengan sejumlah pelatih, salah satunya pelatih eks pelatih timnas Indonesia Luis Milla Aspas.

Berita itu santer terdengar digaungkan di media sosial oleh para fans Harimau Malaya agar federasi Malaysia meniru kesuksesan Indonesia dengan mendatangkan pelatih kaliber dunia seperti Shin Tae-yong, dan sebelumnya Luis Milla Aspas.

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Datuk Sri Ahmad Faizal Azumu juga mengatakan hal serupa. Bahkan, kegagalan timnas yang sampai gagal melaju di fase grup setelah dihempaskan 1-4 oleh timnas di Grup B, membuat pihaknya bergerak cepat cari pelatih.

“Saya respek atas keputusan Tan Chong Hoe mundur, pasti sudah didiskusikan dengan federasi,” katanya seperti dikutip KOMPAS TV dari media Malaysia Bernama, Rabu (5/1/2022).

Baca Juga: Bagaimana Formasi Timnas Indonesia untuk Piala AFF U-23 Februari Mendatang?

Datuk lantas menjelaskan, kemungkinan Malaysia akan mencari pelatih-pelatih yang memiliki kaliber dunia untuk menggantikan Tan Chong Hoe.

Namun, Datuk juga menjelaskan, meskipun sudah dilatih pelatih bagus dunia tetap saja Malaysia mungkin tetap tidak berprestasi jika para pemain tidak berlatih dengan serius.

Meski begitu, katanya, ia tetap akan mencari pelatih berkualitas dunia sebagai pelatih baru Harimau Malaya.

“Kami bisa merekrut pelatih top dunia, tapi jika tidak berlatih sungguh-sungguh dan disiplin tidak ada artinya,” katanya.

Beberapa nama santer disebutkan sedang dijajaki pihak FAM Malaysia. Beberapa nama di antaranya adalah pelatih U-23 Brad Maloney, Bojan Hodak yang pengalaman di Malaysia, hingga yang cukup kencang adalah Luis Milla Aspas.

Di antara dua nama itu, Luis Milla dianggap yang mendekati kriteria sebagai pelatih top dunia dan cukup dekat dengan sepakbola Asia Tenggara. 

Baca Juga: Tan Cheng Hoe Mengundurkan Diri sebagai Pelatih Timnas Malaysia, Mengapa?

Pada gelaran AFF 2020 lalu timnas Malaysia gagal melaju dari fase grup. Malaysia hanya mampu bertengger di urutan ketiga Grup B setelah kalah bersaing dengan Indonesia dan Vietnam.

Luis Milla masih sering berinteraksi dengan para fans bola di Indonesia. Legenda Real Madrid itu bahkan di akun Instagramnya sering menyapa dan memberi semangat kepada timnas tiap kali bertanding. 

Luis Milla sendiri melatih timnas dengan waktu yang singkat, yakni 2017 dan 2018. Namun secara permainan dianggap mampu membawa timnas di level yang berbeda. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.