Kompas TV nasional peristiwa

Geger Dana Karangan Bunga di Bekasi Tembus hingga Lebih Rp1 Miliar, Wali Kota Angkat Bicara

Kompas.tv - 5 Januari 2022, 10:10 WIB
geger-dana-karangan-bunga-di-bekasi-tembus-hingga-lebih-rp1-miliar-wali-kota-angkat-bicara
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi buka suara terkait biaya pengadaan karangan bunga menggunakan APBD yang mencapai Rp 1,1 miliar. (Sumber: KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

BEKASI, KOMPAS.TV - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi angkat bicara terkait biaya pengadaan karangan bunga menggunakan APBD yang mencapai Rp1,1 miliar.

Rahmat menjelaskan hampir setiap hari mendapatkan undangan dari warga. Namun karena padatnya jadwal, sehingga tidak semua undangan dapat dia hadiri.

Sebab itu, karena tidak ingin mengecewakan warga yang sudah mengundangnya, cara terbaiknya yakni dengan mengirimkan karangan bunga atas namanya dan Pemerintah Bekasi.

"Dalam satu hari saja wali kota diundang oleh puluhan warga. Mereka tidak minta secara khusus wali kota datang, atau biasanya kalau tidak bisa datang itu kan dikirim bunga aja bahagianya udah luar biasa," kata Rahmat di Stadion Patriot, Selasa (4/12/2022).

Dia kemudian meminta agar anggaran belanja karangan bunga yang mencapai hingga Rp1,1 miliar ini tidak hanya dilihat dari nilainya.

Menurutnya, memberikan ucapan melalui karangan bunga yang dikirimkan Pemerintah Kota Bekasi ini adalah salah satu bentuk perhatian kepada warganya.

"Jadi jangan dilihat nilainya tapi dilihat bentuk kepala daerah itu perhatian terhadap hubungan dengan warganya," dalih sang Wali Kota.

Ia menambahkan anggaran belanja karangan bunga juga telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Baca Juga: Wagub DKI Sebut Jakarta Kembali PPKM Level 2 Bukan karena Omicron, Ini Penjelasannya

Misalnya untuk mengirimkan ucapan duka, pernikahan, hingga peresmian gedung pemerintahan.

"Ada wali kota diundang ada anaknya sunatan ada lahiran termasuk tadi yang meninggal, karangan bunga itu untuk ucapan duka, ucapan bahagia perkawinan terus juga peresmian," jelasnya.

"Karangan bunga itu ada yang bentuknya agak besaran, ada yang sedang, bahkan ada yang sederhana," imbuhnya.

Sebagai informasi alokasi anggaran karangan bunga di Kota Bekasi tercatat dalam situs lpse.bekasikota.go.id, dengan kode tender 19841359.

Sumber anggaran ini berasal dari APBD tahun 2022 dengan nilai Rp1,139 miliar.

Pengguna dari pengadaan barang ini berada di bawah satuan kerja Sekretariat Daerah (Setda) Pemkot Bekasi.

Adapun tender dibuat pada 30 November 2021. Pelelangan pengadaan karangan bunga tersebut dimenangkan CV Idea Kreasi Mandiri.

Baca Juga: Tahanan Kabur Ditemukan Tewas di Kali Bekasi, Mayat Ditemukan Masih Pakai Baju Tahanan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.