Kompas TV nasional peristiwa

Jasa Marga: Selama Nataru, Kendaraan yang Melintas di Jalan Tol Meningkat 13,4 Persen

Kompas.tv - 4 Januari 2022, 16:12 WIB
jasa-marga-selama-nataru-kendaraan-yang-melintas-di-jalan-tol-meningkat-13-4-persen
PT Jasa Marga mencatat jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol selama periode libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) mengalami peningkatan dibandingkan dengan Nataru tahun sebelumnya. (Sumber: Jasa Marga)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak  PT Jasa Marga mencatat jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol selama periode libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) mengalami peningkatan dibandingkan dengan Nataru tahun sebelumnya.

Menurut Direktur Utama (Dirut) Jasa Marga Subakti Syukur peningkatan tersebut terjadi puncaknya pada 17 Desember 2021 dengan total kendaraan yang melintas mencapai 181.865 unit.

"Naik 9,9 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan memang puncak arus keluar jabodetabek sendiri terjadi pada Jumat, 17 Desember 2021 yaitu sebesar 181.865 kendaran," kata Subakti Syukur dalam Penutupan Posko Monitoring Penyelenggaraan Transportasi periode Nataru yang dipantau secara daring, Selasa (4/1/2022).

Tak hanya itu, peningkatan jumlah kendaraan yang melintas tol juga terjadi pada arus balik pada 2 Januari 2022.

"Di mana jumlah kendaraan masuk Jabodetabek juga mengalami peningkatan sebesar 13,4 persen itu terjadi pada 2 Januari 2022," imbuhnya.

Baca Juga: Jasa Marga Catat 2,5 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek selama Periode Nataru

Lebih lanjut, Subakti menyatakan pada Nataru kali ini tercatat terdapat kenaikan rata-rata perbandingan volume kendaraan dan kapasitas jalan (V/C ratio) sebesar 1 persen.

Kendati demikian, pihaknya bersyukur peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol berbanding terbalik dengan angka kecelakaan.

Menurut Subakti, pada periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 pihaknya mencatat penurunan yang siginifikan terkait angka kecelakaan di jalan tol.

"Alhamdulillah Pak Menteri kami laporkan, kecelakaan mengalami penurunan yang cukup signifikan dibandingkan dengan tahun lalu yaitu sebesar 53,7 persen pada 17 Desember 2021 hingga 3 Januari 2022," jelasnya.

Tak hanya itu, penurunan juga terjadi secara signifikan terhadap jumlah korban kecelakaan lalu lintas di jalan tol.

Menurutnya hingga 3 Januari 2022, tercatat ada sebanyak 111 orang yang menjadi korban kecelakaan di jalan tol.

"Secara korbannya juga mengalami penurunan yang signifikan, tercatat ada 111 orang atau 8,3 persen," ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya menilai posko monitoring selama libur Nataru yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berjalan dengan lancar dan sesuai dengan skenario.

"Berjalan lancar sesuai dengan skenario. Walaupun (jumlah kendaraan di jalan tol) terlihat lebih ramai dari tahun-tahun sebelumnya," pungkasnya.

Baca Juga: Jasa Marga: 137 Ribu Kendaraan kembali ke Jabotabek saat Hari H Tahun Baru 2022



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x