Kompas TV regional berita daerah

Virolog Unud Menduga Omicron Sudah Menyebar di Bali

Kompas.tv - 4 Januari 2022, 11:39 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Kasus pertama varian Omicron di Jawa Timur, berasal dari seorang warga Surabaya yang baru pulang dari berlibur di Bali. Ahli virologi Universitas Udayana, I Gusti Ngurah Kade Mahardika mencurigai dan menduga kuat, varian baru Omicron telah menyebar di Bali sejak beberapa pekan lalu.

Ia menjelaskan, penyebaran Omicron antar negara lebih cepat dibanding penyebaran dari segi komunitas, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya negara yang terinfeksi Omicron.

Namun ia menegaskan jika varian Omicron penularannya tidak secepat Delta. Ia menilai penularan Omicron di seluruh negara baru 15 sampai 20 persen, sedangkan Delta penularannya bisa mencapai 99 persen.

Akademisi asal Kabupaten Jembrana ini meminta pemerintah meningkatkan tracing, serta meminta rumah sakit terus bersiaga, meski kasus penularan Covid-19 mulai menurun.

Meski varian Omicron dicurigai sudah menyebar di Bali, namun masyarakat diminta tidak panik dan meningkatkan kewaspadaan serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat.


 

 

 

#covid19 #omicron #virologunud

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.