Kompas TV regional berita daerah

2 Warga Terjebak Banjir Lahar Semeru, Diselamatkan Setelah Surut

Kompas.tv - 3 Januari 2022, 20:00 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - 2 orang yang terjebak banjir lahar hujan gunung semeru di Lumajang Jawa Timur berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan. Penyelamatan dilakukan setelah kondisi banjir lahar mulai surut pada Senin dinihari (3/1/2022).

Tim reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang mengevakuasi 2 orang warga Desa Bades, Kecamatan Pasirian, yang terjebak banjir lahar di tengah sungai Rejali.

Penyelamatan dilakukan dengan menggunakan sejumlah peralatan lengkap. Kedua korban diketahui bernama Buang dan Asmara. Usai diselamatkan, keduanya langsung dibawa pulang oleh pihak keluarga.

Sebelumnya, kedua korban menggembala kerbau di tengah sungai. Namun tanpa disadari, tiba-tiba datang banjir lahar yang terus menerus membesar dan membuat keduanya terjebak di tengah sungai.

Beruntung keduanya dapat menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi sehingga air banjir tidak sampai menerjangnya.

Baca Juga: Banjir Lahar Semeru Menerjang, Warga Mengungsi ke Bukit

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati meminta agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan, terutama warga yang berada di daerah aliran sungai yang berhulu ke gunung semeru. Karena banjir lahar membawa material vulkanik yang bersuhu tinggi dan panas.

 

#BanjirLaharHujan #GunungSemeru #Erupsi #Lumajang  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x