Kompas TV regional berita daerah

Ekspor Perdana Gerbong Kereta Barang PT INKA Ke Selandia Baru

Kompas.tv - 3 Januari 2022, 17:09 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, melepas ekspor perdana gerbong kereta barang dari PT INKA Madiun, ke Kiwi Rail New Zealand, Jumat (31/12/2021) siang. Menhub menyatakan kebanggaannya atas capaian PT INKA yang mampu menciptakan produk yang memiliki daya saing di tingkat Internasional.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, melepas ekspor perdana gerbong barang jenis Container Flat Top Wagon dari PT INKA Madiun ke negara Selandia Baru. Gerbong produksi INKA ini akan dikirim secara bertahap.

Pada tahap pertama ini, sebanyak 2 gerbong kereta barang dikirimkan ke Selandia Baru menggunakan dua truk. Rencananya, sebanyak 262 gerbong akan diproduksi oleh PT INKA untuk kembali dikirimkan ke Kiwi Rail Selandia Baru.

Selandia Baru, merupakan salah satu negara maju. Sehingga dengan adanya pengiriman gerbong kereta barang dari PT INKA ini, menunjukkan jika gerbong buatan PT INKA ini memiliki kwalitas dan harga yang bersaing.

Ditambah, gerbong buatan PT INKA ini dikirim ke Kiwi Rail yang merupakan badan usaha milik negara setempat, yang bergerak sebagai operator transportasi perkeretaapian dan ferry antar pulau di Selandia Baru.

Menhub pun menyatakan kebanggaannya atas capaian PT INKA ini, yang telah mampu menciptakan produk yang memiliki daya saing di tingkat internasional.

Sebelumnya, gerbong kereta barang yang dikirim ini telah melalui uji statis di PT INKA. Selanjutnya akan dilakukan uji dinamis di Kiwi Rail Selandia Baru. Selain kereta, saat ini PT INKA juga memproduksi bus listrik, yang nantinya akan digunakan dalam perhelatan KTT G20 di Bali.

#beritamadiun

#inka

#kereta

#eksporkereta



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x