Kompas TV nasional berita utama

Sebut Negara Lain Berkaca pada Indonesia untuk Tangani Covid-19, Luhut: Kita Tak Perlu Merasa Kalah

Kompas.tv - 3 Januari 2022, 14:29 WIB
sebut-negara-lain-berkaca-pada-indonesia-untuk-tangani-covid-19-luhut-kita-tak-perlu-merasa-kalah
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Sumber: KBRI Washington)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, banyak negara saat ini mulai berkaca pada Indonesia untuk penanganan Covid-19.

Keterangan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan sesuai rapat terbatas evaluasi PPKM bersama Presiden Joko Widodo di Komplek Istana Kepresidenan, Senin (3/1/2022).

“Jadi kita tidak perlu merasa bahwa kita ini apa namanya seperti kalah dengan lain, tidak, kita justru orang lain sekarang banyak mulai berkaca kepada kita. Kenapa Indonesia bisa memelihara keadaan seperti sekarang ini,” kata Luhut Binsar Pandjaitan.

Indonesia, lanjut Luhut, selalu melibatkan pakar-pakar dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan Universitas Airlangga dalam penanganan Covid-19.

Baca Juga: Pemerintah Persingkat Waktu Karantina, Yakin Lebih Siap Hadapi Varian Omicron

“Sehingga dengan demikian kalau terjadi sesuatu apapun dengan cepat kita bisa mendeteksi dan melibatkan pakar-pakar kita yang menurut hemat saya mereka yang dari UI yang bekerja dengan kami sekarang, dari UGM, dan dari juga Unair itu kualitasnya sangat mumpuni,” ujarnya.

Di samping itu Luhut mengatakan keberhasilan Indonesia dalam penanganan Covid-19 juga terjadi karena pemerintah selalu melakukan evaluasi setiap satu minggu sekali.

“Pemantauan yang kita lakukan secara rutin. di mana presiden setiap Senin melakukan ratas mengevaluasi semua ini yang hampir tidak terjadi mungkin di banyak negara di dunia,” ucap Luhut.

Selain itu, Luhut berdasarkan hasil pemantauan mengatakan jika masyarakat Indonesia jauh lebih disiplin dibandingkan dengan sejumlah negara lainnya untuk menjalankan protokol kesehatan.

Baca Juga: Ada Penyebaran Omicron di Jakarta, Epidemiolog Tidak Dukung DKI Terapkan PTM 100 Persen

“Saya ingin sampaikan dari pengamatan kami, karena kita lebih disiplin pemakaian masker dibandingkan di negara Amerika atau Inggris, mana saja,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Luhut menuturkan Indonesia saat ini berada di peringkat ke-40 dari 132 negara yang terdeteksi Covid-19 atau pun Omicron.

“Jadi jumlah kasus Omicron di Indonesia sekarang ada 152 dan yang sudah sembuh 23% dari (jumlah) itu, jadi angka ini memang masih kita lihat cukup baik dibandingkan yang lain,” kata Luhut.

Meski demikian, Luhut menuturkan Pemerintah Indonesia berberhati-hati dan tetap melakukan kesiapan menghadapi Omicron.

Baca Juga: Pasien Omicron Asal Surabaya Lupa ke Mana Saja Selama di Bali, Dinkes Kesulitan Melacak

“Mulai dari tadi vaksinasi terus digencarkan oleh Menteri Kesehatan, nanti beliau menambahkan, kemudian yang kedua tadi mengenai obat-obat juga disiapkan, Rumah Sakit disiapkan, semua yang dibutuhkan untuk itu kita sudah siapkan jadi jauh lebih siap dari kejadian pada Juni tahun,” ujar Luhut.

“Lalu dokter juga lebih siap dan juga penerimaan kita karantina juga sekarang jauh lebih siap,” tambahnya.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x