Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Tak Banyak Diketahui, Ini Beragam Manfaat Lumut Laut untuk Kesehatan

Kompas.tv - 1 Januari 2022, 17:30 WIB
tak-banyak-diketahui-ini-beragam-manfaat-lumut-laut-untuk-kesehatan
Ilustrasi. Pernah dengar tentang lumut laut? Lumut laut adalah jenis ganggang merah yang juga dikenal sebagai lumut Irlandia (atau Chondrus crispus). (Sumber: Cleveland Clinic)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Pernah dengar tentang lumut laut? Lumut laut adalah jenis ganggang merah yang juga dikenal sebagai lumut Irlandia (atau Chondrus crispus).

Biasanya lumut laut dipanen sebagai bahan untuk mengentalkan produk susu seperti es krim, tetapi juga tersedia mentah dan dalam bentuk suplemen, seperti pil, bubuk, gel, dan permen karet.

Ahli diet terdaftar Beth Czerwony, MS, RD, CSOWM, LD, mempertimbangkan manfaat dan efek samping lumut laut, sehingga Anda dapat memutuskan apakah tumbuhaan laut berduri ini layak mendapat tempat dalam diet Anda.

Manfaat kesehatan lumut laut

"Tampaknya ada beberapa manfaat kesehatan dari lumut laut, tetapi mereka tidak banyak dipelajari," Czerwony memperingatkan.

"Dan suplemen lumut laut tidak disetujui oleh Food and Drug Administration AS."

Ada banyak data penelitian tentang manfaat kesehatan dari rumput laut, sepupu lumut laut, hanya saja tidak pada lumut laut secara khusus.

Namun, umumnya dianggap aman untuk dikonsumsi, dan manfaatnya sejajar dengan rumput laut lainnya.

1. Menyehatkan jantung

Rumput laut adalah makanan super yang memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada kebanyakan sayuran, dan yang merupakan hal yang baik, karena serat memiliki semua jenis efek positif pada tubuh.

Ini dapat meningkatkan kontrol gula darah, membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

"Studi menunjukkan bahwa lumut laut dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, yang merupakan salah satu faktor penyakit jantung," kata Czerwony, seperti dilansir Cleveland Clinic.

Ini juga telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah, faktor kunci lain dalam kesehatan jantung.

2. Menurunkan berat badan

Ingat berapa banyak serat yang dimiliki rumput laut? Makanan berserat tinggi adalah makanan yang mengenyangkan, yang berarti dapat mencegah Anda makan berlebihan.

“Serat membuat kita kenyang lebih lama, yang dapat membantu mengontrol berat badan,” kata Czerwony.

3. Sumber yodium yang baik

Yodium adalah salah satu kunci tiroid yang sehat, tetapi karena tubuh Anda tidak membuat yodium sendiri, Anda hanya bisa mendapatkannya melalui makanan.

Kebanyakan orang, bagaimanapun, mendapatkan cukup yodium dari produk susu, makanan laut dan garam beryodium.

4. Mendukung kesehatan usus

Sistem pencernaan Anda penuh dengan bakteri, ada yang baik dan ada yang buruk. Dan karena kesehatan usus dikaitkan dengan kesehatan secara keseluruhan, menyeimbangkan bakteri tersebut merupakan elemen penting dari kesehatan Anda.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x