Kompas TV olahraga kompas sport

Final Leg II AFF 2020: Mengembalikan Evan Dimas, Kunci Shin Tae-yong Bisa Redam Thailand

Kompas.tv - 1 Januari 2022, 16:34 WIB
final-leg-ii-aff-2020-mengembalikan-evan-dimas-kunci-shin-tae-yong-bisa-redam-thailand
Evan Dimas saat merayakan gol lawan Thailand dalam kualifikasi Piala Dunia beberapa waktu lalu. Saat final melawan Thailand di leg kedua, Shin Tae-yong bisa mengembalikan peran Evan Dimas agar jadi kunci timnas redam Thailand (Sumber: Twitter @PSSI)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam konferensi pers jelang final leg kedua AFF 2020 timnas Indonesia vs Thailand, Jumat (31/12/2021), Shin Tae-yong tampak membawa Evan Dimas untuk mendampinginya berbicara kepada wartawan.

Evan yang sejatinya adalah kapten pertama timnas Indonesia, sekaligus jenderal lini tengah timnas, belakangan memang jarang mendapatkan peran starter dalam skema Shin Tae-Yong dalam gelaran AFF 2020 ini.

Tercatat, Evan hanya dua kali jadi starter, yakni lawan Laos dan Kamboja di dua pertandingan. Meskipun selalu tampil di 6 pertandingan timnas, tapi sisa pertandingan lainnya, termasuk pertandingan penting lawan Vietnam dan Final lawan Thailand, Evan selalu masuk sebagai cadangan.

Alasannya, kata STY, adalah soal strategi. Padahal, dalam momen sepenting final lawan Thailand, Evan adalah pemain yang paling pengalaman di tim selain Fachrudin Aryanto, bek timnas. Keduanya juga tampil dalam final AFF  2016 lalu. 

“Leg pertama tidak sesuai harapan. Kita semua pemain sedih, tapi kita harus lupakan pertandingan.  Fokus ke leg kedua dan datang dengan rasa haus akan kemenangan,” papar Evan Dimas dalam konferensi pers tersebut.

Baca Juga: Final Piala AFF 2020 - Shin Tae-yong: Kami Tidak Takut, Kami Pasti Menang

Strategi Shin Tae-yong Lawan Thailand: Mengembalikan Peran Kunci Evan Dimas

Biasanya, Evan Dimas dalam komposisi taktik Shin Tae-yong selalu jadi kunci. Ia akan jadi pilihan kuartet lini tengah timnas, sebagai jenderal dalam komposisi 4-2-3-1 atau 4-5-1 andalan STY.

Itu terlihat dari pertandingan timnas saat dilatih juru taktik asal Korea tersebut sebelum AFF 2020, baik di kualifikasi piala dunia maupun di beberapa pertandingan ujicoba.

Ketika perhelatan AFF 2020 digelar, pemain bernomor punggung 6 tersebut justru terpinggirkan. Dan hanya bermain di pertandingan yang relatif enteng bagi timnas di awal grup, lawan Laos dan Kamboja.

Meski begitu, statistik menunjukkan, ketika bermain sebagai pengganti lawan Malaysia, pergerakannya mampu menjadikan gol keempat timnas dan memastikan tempat di semifinal.  

Evan Dimas total sudah bermain 271 menit dengan catatan 2 goal dan dua assis. Selain itu, ia juga bisa membuat lini tengah lebih cair lagi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x