Kompas TV regional sosial

Bandara Juanda Mulai Buka Pintu Penerbangan Internasional Secara Bertahap

Kompas.tv - 1 Januari 2022, 04:05 WIB
bandara-juanda-mulai-buka-pintu-penerbangan-internasional-secara-bertahap
Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

SURABAYA, KOMPAS.TV - Bandara Internasional Juanda mulai menerima kedatangan bagi pelaku perjalanan internasional atau dari luar negeri. Penerimaan ini dilakukan secara bertahap.

Sebagai tahap awal, Bandara Juanda dapat menerima tiga penerbangan internasional per minggu dan hanya untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan kesiapan Bandara Juanda untuk menerima pelaku perjalanan sudah cukup baik.

Baca Juga: Bandara Juanda Surabaya Akan Dijadikan Pintu Masuk Kedatangan Internasional

"Secara umum kesiapan Bandara Juanda dan tempat karantina sudah baik," jelasnya dalam keterangan tertulis dikutip dari Antara, Jumat (31/12/2021).

Luhut meminta dalam penerimaan pelaku perjalanan internasional ini dilakukan secara bertahap dengan adanya evaluasi tiap minggu.

"Tetapi saya minta pembukaan bandara ini dilakukan secara bertahap. Seperti misalnya setiap seminggu sekali ada evaluasi, ada learning process (proses pembelajaran)," lanjutnya.

Baca Juga: Kasus Omicron Bertambah, Bamsoet Minta Pemerintah Tutup Sementara Pintu Masuk Internasional

Evaluasi yang dilakukan tiap minggu, jelas Luhut, jika hasilnya baik akan memungkinkan jumlah penerbangan internasional dapat bertambah.

"Saya minta pengawasan dilakukan secara ketat sehingga tidak ada kebocoran. Selain itu pastikan segala kebutuhan logistik wisma karantina dapat dipenuhi dan anggarannya tersedia," tuturnya.

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x