Kompas TV regional wisata

Ribuan Turis Padati Gili Trawangan di Malam Tahun Baru: Kalau Bukan Pandemi, Tak Mau Saya Kemari

Kompas.tv - 31 Desember 2021, 22:13 WIB
ribuan-turis-padati-gili-trawangan-di-malam-tahun-baru-kalau-bukan-pandemi-tak-mau-saya-kemari
Suasana area pelabuhan Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat pada Jumat (31/12/2021) sore. Guyuran hujan sejak siang tak menyurutkan para wisatawan yang didominasi wisatawan domestik untuk mengunjungi Gili Trawangan demi merayakan momen pergantian tahun. (Sumber: Kompas.tv/Vyara)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.TV – Sedikitnya dua ribu wisatawan memadati Gili Trawangan di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat untuk merayakan malam pergantian tahun.

Sebagian besar wisatawan yang datang berkunjung ke pulau paling barat dari gugusan tiga gili di barat-laut Pulau Lombok itu terdiri dari turis domestik. 

Pada Jumat (31/12/2021), public boat atau perahu yang menjadi angkutan umum antara Pelabuhan Bangsal di Lombok Utara dan Gili Trawangan nyaris tak berhenti berlayar bolak-balik demi mengantarkan para penumpang ke Gili Trawangan.

Meski hujan terus merintik sedari siang, penumpang terus mengalir turun dari boat-boat yang bersandar di pantai dan dermaga, baik public boat maupun speedboat carteran.

“Selepas salat Jumat tadi ramai penumpangnya,” imbuh Hairil, salah seorang kapten public boat pada Kompas.tv di Pelabuhan Gili Trawangan, Jumat.

Baca Juga: Kritik Masa Karantina 10 Hari, Turis Gili Trawangan: Terlalu Lama dan Mahal, Lebih Baik ke Thailand

Sepanjang hari Jumat ini, Hairil sendiri sudah melakoni rute Bangsal – Gili Trawangan selama tiga rit, atau tiga kali bolak-balik. 

“Tak terhitung. Puluhan kali. Ada 50 kali,” ujar salah seorang staf yang bertugas di loket tiket Pelabuhan Gili Trawangan menyebut public boat yang datang merapat di Pelabuhan Gili Trawangan.

Hingga Jumat (31/12/2021) sore, public boat yang melayani rute Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara - Gili Trawangan terus merapat dan memuntahkan penumpang para wisatawan yang hendak merayakan momen pergantian tahun. (Sumber: Kompas.tv/Vyara)

Dengan kapasitas penumpang satu boat sekitar 40 orang, maka diperkirakan paling tidak sekitar 2.000 wisatawan mendatangi Gili Trawangan pada Jumat. Ini belum termasuk wisatawan yang datang menggunakan fastboat dari Bali. 

Pada Jumat, data dari pelabuhan Gili Trawangan menyebut, sebanyak 300 wisatawan datang melalui tiga fastboat berbeda dari Bali. Ini belum termasuk ratusan wisatawan yang sudah mendatangi Gili Trawangan sejak beberapa hari sebelumnya untuk menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di pulau ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.