Kompas TV regional berita daerah

Kelompok Pemuda Ubah Sampah Jadi Balsem Aroma Terapi, Masker, Hingga Gas untuk Masak

Jumat, 31 Desember 2021 | 16:05 WIB

Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Sejumlah pemuda di Karawang, Jawa Barat berhasil menciptakan alat untuk mengubah sampah menjadi barang-barang bermanfaat.

Seperti sampah disulap menjadi balsem aroma terapi, masker kecantikan, hingga gas untuk memasak.

Baca Juga: Siklus Refill Tawarkan Isi Ulang Produk Rumah Tangga, Solusi Cerdas untuk Kurangi Sampah Plastik

Sampah biasanya berakhir di tempat pembuangan dan tidak terpakai lagi. Namun di tangan sekelompok pemuda di Karawang, Jawa Barat sampah mampu diubah menjadi barang-barang yang bernilai.

Sejumlah pemuda ini telah melakukan riset dan penelitian yang panjang hampir sepuluh tahun lamanya hingga akhirnya bisa menciptkan alat pengubah sampah menjadi benda bermanfaat.

Ajaibnya alat ini mampu menyulap sampah yang biasa identik dengan bau tak sedap menjadi aroma terapi yang memiliki wewangian.

Bukan hanya itu alat ini juga bisa mengubah sampah jadi briket, masker kecantikan wajah, pupuk hingga gas untuk memasak.

Cara kerjanya yaitu sampah dimasukan ke dalam alat kemudian nyalakan api dari dalam tungku dan tunggu hingga 8 jam.

Proses yang panjang ini mengubah bubuk-bubuk sampah menjadi karbon, karbon ini lah yang menjadi bahan dasar pembuatan benda-benda bermanfaat.

Penemuan para pemuda ini pun mendapat apresiasi dari anggota DPRD Karawang. Menurutnya alat ini bisa menjadi solusi permasalahan sampah yang sulit diatasi.

Menurut rencana alat pengubah sampah ini akan diusulkan untuk diperbanyak dan dapat digunakan oleh warga Karawang.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x