Kompas TV nasional wisata

Ini Museum-Museum di Jakarta yang Beroperasi selama Libur Tahun Baru

Kompas.tv - 31 Desember 2021, 09:39 WIB
ini-museum-museum-di-jakarta-yang-beroperasi-selama-libur-tahun-baru
Ilustrasi spot foto di kawasan Kota Tua Jakarta. (Sumber: Dok. Shutterstock)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah museum dan galeri di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, akan tetap buka selama periode libur tahun baru 2022.

Museum-museum yang tetap dibuka yaitu Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum 3D Art dan Museum Bahari.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Nomor 789 Tahun 2021 tentang perubahan atas Keputusan Kadisparekraf terkait PPKM Level 1 pada sektor usaha pariwisata.

"Pada tanggal 31 Desember 2021 sampai dengan 01 Januari 2022 khusus untuk museum-museum yang terletak di Kawasan Kota Tua Jakarta yaitu: Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum 3D Art serta Museum Bahari dapat beroperasi," tulis Kepala Disparekraf DKI Andhika Permata pada SK yang diteken 27 Desember 2021.

Baca Juga: Ini Jam Buka Ancol, TMII, dan Ragunan selama Libur Tahun Baru

Seluruh museum tersebut dapat beroperasi dengan ketentuan kapasitas maksimal 75 persen dan jam operasional mulai pukul 09.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Batas waktu penjualan tiket hanya sampai 13.00 WIB dan pekerja serta pengunjung wajib sudah divaksinasi Covid-19.

"Pengelola museum memberikan pengumuman/informasi kepada pengunjung untuk mengkosongkan area museum mulai pukul 14.00 WIB," tulis Andhika. 

Sementara itu, kawasan Kota Tua sendiri akan ditutup pada malam tahun baru 2022 tepatnya pada 31 Desember 2021-1 Januari 2022 untuk mencegah kerumunan dan menekan penyebaran Covid-19.

Selain museum tersebut, tiga tempat wisata di Jakarta yakni Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Ragunan juga buka pada libur tahun baru dan beroperasi hingga 15.00 WIB.

Baca Juga: Libur Tahun Baru, Ganjil Genap di 3 Tempat Wisata Ini Tetap Berlaku


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x