Kompas TV olahraga kompas sport

Semar Wulu, Ritual Persatuan Dukun agar Kutukan Spesialis Runner-Up Timnas Berakhir di Piala AFF

Kompas.tv - 31 Desember 2021, 09:30 WIB
semar-wulu-ritual-persatuan-dukun-agar-kutukan-spesialis-runner-up-timnas-berakhir-di-piala-aff
ilustrasi seorang dukun. Para dukun nusantara (Perdunu) lakukan ritual semar wulu agar timnas juara AFF 2020 (Sumber: kompas)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

BANYUWANGI, KOMPAS.TV – Meski kans timnas Indonesia terbilang tipis usai kalah empat gol tanpa balas di leg pertama lawan Thailand Final Piala AFF 2020 di Singapura, aliansi para dukun yang tergabung dalam Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) berharap Indonesia juara AFF lewat ritual 'Semar Wulu'.

Apa itu 'Semar Wulu'?

Ritual 'Semar Wulu' ini merupakan ritual khusus yang dilakukan persatuan dukun  agar timnas bisa menang dan juara. Indonesia diketahui punya semacam ‘kutukan’ selalu menjadi runner-up dalam ajang tertinggi sepak bola Asia Tenggara.

Bayangkan saja, gelaran AFF 2020 ini merupakan kali keenam Indonesia menapaki final. Jika kali ini gagal lagi, maka bisa bisa dikatakan kutukan spesialis runner-up Piala AFF bagi timnas terus berlanjut.

Para dukun ini berharap hal itu tidak terjadi. Mereka berharap Indonesia bisa juara dengan mengalahkan lawannya, tim Gajah Putih Thailand yang merupakan raja asia tenggara.

Baca Juga: Timnas Indonesia Belum Menyerah di Piala AFF 2020, Asnawi: It Is Not Over!

Ritual Semar Wulu, Ritual Khusus Para Dukun agar Timnas Juara AFF

Ketua Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) Abdul Fatah Hasan mengatakan, pihaknya menyelenggarakan ritual khusus bernama 'Semar Wulu'.

Ritual 'Semar Wulu' ini dimulai saat matahari mulai terbenam. Ritual khusus itu tidak diperlihatkan kepada publik umum.

Abdul Fatah mengatakan, ritual 'Semar Wulu' hanya dilaksanakan sembilan orang pengurus inti di dalam Kedaton, sebutan untuk kantor sekretariat mereka.

“(Ritual) itu tidak bisa dipublikasikan karena memang ada bacaan-bacaan yang memang itu tidak untuk konsumsi publik. Selesai itu salat Magrib, lalu menyampaikan doa-doa umum harapan-harapan kita bahwa untuk Timnas ini bisa menang," kata Fatah seperti dikutip dari kompas.com.

Ritual ini, kata Fatah, adalah doa tolak bala dan penyakit agar Timnas tidak mendapat kejadian-kejadian yang buruk selama di lapangan.

“Intinya, Timnas bertarung dalam kondisi prima dan tidak ada yang terluka. Memang olahraga itu keras, memang harus ritualan untuk tola balanya,” papar fatah.

Leg kedua timnas vs Thailand diselenggarakan pada 1 Januari 2022. Pada leg pertama, Indonesia dihajar 4-0 dan hanya keajaiban yang bisa membuat Indonesia lolos dari lubang jarum, dengan menang selisih 4 gol agar bisa juara AFF 2020.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.