Kompas TV regional berita daerah

Kukar prioritaskan pertanian sebagai lumbung pangan nasional

Kompas.tv - 31 Desember 2021, 07:42 WIB

TENGGARONG, KOMPAS.TV - Bertempat di Desa Bendang Raya Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi selaku wakil gubernur Kaltim meresmikan program pencanangan lumbung pangan nasional.

Wakil gubernur juga melakukan peletakkan batu pertama dan penanaman bibit, program ini menjadi prioritas utama untuk kebutuhan pangan di Kukar.

Melihat potensi Desa Bendang Raya, koperasi produsen ternak Berkah Salama Jaya Kalimantan Timur, mencanangkan program IFS, bertujuan untuk meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan para petani.

Saat ini ada 22 kelompok tani yang tergabung dalam program IFS dengan lahan seluas 220 hektar. Lahan tersebut terbagi dibeberapa titik, untuk pembangunan kawasan peternakan dan pertanian, berupa ternak sapi sebanyak 1.100 ekor, ada juga penanaman singkong, jagung dan rumput gajah.

Wakil gubernur Kaltim Hadi Mulyadi sangat mendukung program tersebut dengan memberikan bantuan alat pertanian, wagub berharap Kukar menjadi salah satu lumbung pangan di Indonesia.

Diketahui saat ini Kaltim menjadi provinsi nomor dua terbesar dalam mengekspor pertanian, salah satu penghasil ekspor pertanian yaitu di Kabupaten Kutai Kartanegara.

#PertanianKukar#LumbungPangan#PetaniSejahtera



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x