Kompas TV nasional update

Syarat dan Cara ASN Daftar Komponen Cadangan, Berikut Penjelasannya

Kompas.tv - 31 Desember 2021, 07:25 WIB
syarat-dan-cara-asn-daftar-komponen-cadangan-berikut-penjelasannya
Ilustrasi. Syarat, fasilitas, dan cara pendaftaran Komcad bagi ASN. (Sumber: Foto istimewa Kodim 0812/Lamongan via Surya.co.id)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah meminta Aparatur sipil negara (ASN) mendukung pertahanan negara dalam pelatihan Komponen Cadangan (Komcad) Nasional sebagai wujud bela negara.

Terkait hal itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo memastikan pelatihan dasar militer tersebut sifatnya tidak wajib atau sukarela.

"Mohon baca Undang-undang Bela Negara sifatnya tidak ada paksaan atau sukarela," ujar Tjahjo Kumolo seperti dilansir Kompas.com, Rabu (29/12/2021).

Lebih lanjut, Tjahjo Kumolo menyebut tidak ada istilah wajib militer bagi ASN. Hanya saja, melalui Surat Edaran Menteri PANRB No. 27/2021.

Pemerintah mendorong tentang peran serta pegawai ASN sebagai komponen cadangan dalam mendukung upaya pertahanan negara.

Tak hanya itu, Menpan RB juga menjelaskan bahwa Komcad bagi ASN ditujukan untuk meningkatkan disiplin serta memperluas wawasan kebangsaan.

Jadi kata Tjahjo Kumolo, tidak ada istilah wajib militer bagi ASN. Sebagai informasi, pendaftaran Komcad untuk ASN akan dibuka pada April 2022.

Berikut ini syarat, fasilitas, dan cara pendaftaran Komcad untuk ASN:

Syarat Peserta Komcad

Pembentukan Komcad dilaksanakan melalui tahapan pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran baru penetapan.

Untuk persyaratan peserta Komcad tertuang dalam Permenhan No 3 Tahun 2021 tentang Pembentukan, Penetapan, dan Pembinaan Komponen Cadangan.

Baca Juga: Baru Ditetapkan Jokowi, Ini Tugas Komcad, Gaji hingga Cara Mendaftar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x