Kompas TV olahraga kompas sport

Jadwal Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022, Italia dan Portugal Perebutkan Satu Tiket ke Qatar

Kompas.tv - 30 Desember 2021, 18:38 WIB
jadwal-playoff-kualifikasi-piala-dunia-2022-italia-dan-portugal-perebutkan-satu-tiket-ke-qatar
Piala Dunia 2022 Qatar akan digelar pada November-Desember 2022. (Sumber: AFP/FRANCK FIFE via Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kurang dari satu tahun lagi, perhelatan akbar Piala Dunia 2022 Qatar akan digelar.

Pada Piala Dunia 2022 Qatar yang akan digelar 21 November hingga 18 Desember 2022, sejauh ini sudah ada 13 negara yang memastikan tiket tampil di putaran final.

Ke-13 negara tersebut yaitu Belgia, Kroasia, Denmark, Inggris, Perancis, Jerman, Belanda, Serbia, Spanyol, Swiss, Brasil, Argentina, serta Qatar sebagai tuan rumah.

Dengan begitu, praktis tiket putaran final Piala Piala Dunia 2022 hanya tersisa 19 untuk diperebutkan. Rinciannya 2 untuk Amerika Selatan, 4 untuk Asia, 5 untuk Afrika, dan 3 untuk Amerika Utara.

Dari rincian di atas, sisa 5 tiket Piala Dunia 2022 Qatar akan diperebutkan lewat babak playoff kualifikasi.

Eropa menjadi wilayah yang akan mengirim tiga wakil melalui playoff, dan dua tiket Piala Dunia 2022 melalui playoff akan diperebutkan wakil dari Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia serta Oseania.

Menariknya, di Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Italia dan Portugal kemungkinan besar akan saling bentrok untuk memperebutkan satu tiket ke Qatar karena berada dalam satu jalur playoff.

Dalam undian babak playoff yang dilakukan pada bulan lalu, FIFA mengelompokkan 12 negara Eropa yang mengikuti playoff Piala Dunia 2022 ke dalam tiga jalur.

Baca Juga: PSSI: Kami Setuju dengan Ide Piala Dunia Dua Tahun Sekali

Tiap jalur terdiri dari empat tim dan hanya akan ada satu tim yang lolos. Hal yang kurang menguntungkan kemudian didapatkan Italia ketika harus melawan Makedonia Utara di semifinal.

Jika berhasil meraih kemenangan, mereka akan tandang ke Portugal atau Turki yang bentrok di semifinal lainnya untuk tanding di laga final dan memperebutkan satu tiket ke Qatar.

Di jalur lain, Skotlandia dan Wales juga berada di jalur yang sama. Skotlandia akan menghadapi Ukraina di kandang pada semifinal sedangkan Wales menjamu Austria.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x