Kompas TV video sinau

Pernah Viral, Rupanya Kepala Ikan Louhan Benjol Karena Ini

Kompas.tv - 30 Desember 2021, 18:30 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Ada beragam jenis ikan hias di Indonesia yang disukai dan bisa untuk dipelihara. Salah satunya jenis ikan louhan, yang terkenal dengan warna cerah, bentuk dan sisik unik,serta harganya yang fantastis.

Sempat populer pada 2000-an, ikan louhan saat itu banyak dicari kolektor dengan harga yang dibilang tidak murah. Harga untuk satu ekor ikan louhan bisa dibanderol mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Melansir Bobo.id keunikan ikan louhan terlihat pada motif sisiknya yang unik, kadang bisa menyerupai tulisan dengan arti tertentu, dan itu tercipta secara alami tanpa rekayasa. Kebanyakan ikan louhan berwarna merah, yang merupakan perlambang dari keberuntungan menurut kepercayaan tradisional di Tiongkok.

Selain dari dilihat dari warna dan motif sisik yang tidak biasa, keunikan lain dari ikan louhan adalah bentuk kepalanya yang unik. Bentuk kepala ikan louhan seperti memiliki bulatan yang besar dan tidak sebanding dengan ukuran tubuhnya, nampak seperti benjol.

Mengutip Bobo.id isi dari benjolan di kepala ikan louhan adalah gumpalan lemak, ikan louhan menyimpan cadangan lemak untuk bertahan hidup lebih lama. Ketika ikan louhan merasa kekurangan nutrisi, ia akan mengambil cadangan makanan dari benjolan itu.

Karena terbuat dari lemak, benjolan ini sangat bergantung dari pakan ikan, maka para pemilik memberikan pakan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Benjolan ini, juga berfungsi sebagai penanda jenis kelamin, makin besar benjolan kemungkinan adalah ikan louhan jantan,  jika tidak terlalu besar berarti ikan louhan betina.

Baca Juga: Pascabencana Semeru, Warga Lumajang Pilih Jual Hewan Ternak Mereka yang Selamat

https://www.kompas.tv/article/240558/pascabencana-semeru-warga-lumajang-pilih-jual-hewan-ternak-mereka-yang-selamat 

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x