Kompas TV video sinau

Kenapa Es Krim Rasa Anggur Sulit Ditemui?

Kompas.tv - 30 Desember 2021, 15:47 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Banyak orang dengan latar belakang selera yang berbeda, pasti suka dengan hidangan yang manis dan menyegarkan ini.

Beberapa jenis es krim bisa kita temui di pusat perbelanjaan atau food court yakni: gelato, rolled ice cream, frozen yogurt, snow ice cream, soft serve, dondurma, granita dan lain-lainnya.

Es krim dikenal terbuat dari bahan dasar susu yang kemudian dibekukan, tapi ada pula jenis jenis es krim yang terbuat dari air mawar gula dan air yang berasal dari Iran dengan nama Faloodeh. Kemudian es krim yang dibungkus Mochi dari Jepang yang terbuat dari adonan beras, dan masih banyak lainnya.

Rasa es krim yang paling umum kita temui ada rasa coklat, vanila, dan rasa buah lainnya, tapi rasanya kita sulit menemukan es krim dengan rasa anggur, kira-kira apa penyebabnya?

Pada dasarnya, alasan es krim rasa anggur sulit ditemukan, ada hubungannya dengan warna buah itu, melansir dari KOMPAS.com buah anggur mengandung senyawa anthocyanin, sumber pigmen ungu.

Senyawa ini adalah antioksidan yang kuat, dan dapat memengaruhi warna dan rasa sampai batas tertentu. Sifat asam  anggur yang membuat buah ini sulit dibuat menjadi es krim.

Saat dicampur dengan susu, asam dalam anggur akan menyebabkan pembusukan,  kandungan air dalam buah anggur juga tinggi.

Saat dibekukan membuat es krim jadi potongan es, kulit anggur juga akan merusak tekstur es krim anggur, jadi untuk membuat es krim anggur yang creamy adalah hal yang sulit. 

Baca Juga: Budidaya Buah Nanas Jumbo, Beratnya Mencapai 6 Kilogram

https://www.kompas.tv/article/246799/budidaya-buah-nanas-jumbo-beratnya-mencapai-6-kilogram 

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x