Kompas TV tekno gadget

Makin Ramping, Apple Bakal Produksi iPhone Tanpa Slot Kartu SIM?

Kompas.tv - 30 Desember 2021, 14:07 WIB
makin-ramping-apple-bakal-produksi-iphone-tanpa-slot-kartu-sim
Ilustrasi: iPhone 13 . (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beredar rumor, Apple konon bakal memproduksi iPhone tanpa slot SIM card mulai pada lini iPhone 15 yang konon akan meluncur pada 2023.

Rumor tersebut seperti dihimpum KompasTekno dari MacRumors.

Dari informan yang dilansir KompasTekno itu, Apple telah menyarankan operator seluler utama Amerika Serikat (AS) untuk mempersiapkan peluncuran smartphone khusus kartu SIM elektronik atau electronic SIM/e-SIM pada September 2022. 

Karena disebutkan "smartphone khusus e-SIM", maka bisa diartikan bahwa smartphone tersebut sudah tidak lagi menggunakan kartu SIM fisik dan bahkan bisa saja tidak lagi memiliki slot kartu SIM fisik. 

Informan tersebut juga membagikan dokumen yang terlihat sah, berisi uraian kerangka waktu dari rencana tersebut. Meski begitu, MacRumors menggarisbawahi bahwa dokumen tidak secara khusus menyebutkan Apple atau iPhone. 

Bila dokumen itu benar adanya, maka ada kemungkinan bahwa Apple bakal mulai memangkas slot SIM Card fisik pada beberapa model iPhone 14, alih-alih pada jajaran iPhone 15.

Baca Juga: Ternyata Safari iPhone Bisa Salin Link Banyak Tab Sekaligus, Berikut Caranya

Meski diprediksi akan meluncur pada tahun 2023, tapi iPhone tanpa slot kartu SIM kemungkinan dapat hadir lebih cepat, yakni pada 2022 mendatang melalui iPhone 14. 

Seperti diketahui, Apple biasanya memang selalu merilis iPhone terbarunya sekitar bulan September setiap tahun dan pada September 2022 mendatang Apple diharapkan akan merilis iPhone 14 series sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (30/12/2021), 

Diketahui, sebagai transisi, operator seluler di AS juga kemungkinan bakal mulai menjual model iPhone 13 tertentu tanpa kartu nano-SIM yang biasanya disertakan di dalam kotak kemasan, mulai kuartal kedua (April-Juni) 2022 mendatang. 

Jajaran iPhone 13 yang dijual di toko Apple Store atau di Apple.com sebenarnya juga sudah tidak disertai dengan kartu nano-SIM di dalam kotak penjualan. 

Pemilik iPhone 13 dapat mengaktifkan paket seluler melalui e-SIM.

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur Dual SIM di iPhone dan Model yang Mendukungnya

Untuk diketahui, e-SIM adalah sebutan yang merujuk pada kartu SIM elektronik, embedded SIM card, serta kartu SIM digital. 

Seperti namanya, e-SIM tak memiliki wujud fisik seperti SIM card pada umumnya. 

e-SIM berupa modul yang terintegrasi dan melekat di dalam ponsel dan tak bisa dilepas-pasang sembarangan.

Apple memang sealu membuat ponsel bikinannya yakni iPhone, menjadi semakin minim port alias portless. 

Pada 2016, Apple menghilangkan jack audio 3.5mm pada iPhone 7. Selanjutnya, perusahaan yang bermarkasi di US itu disinyalir bakal memangkas slot kartu SIM pada iPhone generasi mendatang.

Baca Juga: Bocoran Desain iPhone 14 Dikabarkan Gunakan USB C



Sumber : KompasTekno

BERITA LAINNYA



Close Ads x