Kompas TV nasional peristiwa

Pengamat: Pemprov DKI Harus Mengoptimalkan Formula E untuk Kampanye Jakarta Bebas Polusi

Kompas.tv - 30 Desember 2021, 12:51 WIB
pengamat-pemprov-dki-harus-mengoptimalkan-formula-e-untuk-kampanye-jakarta-bebas-polusi
Ajang Balap Formula E (Sumber: FIA Formula E)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat lingkungan dan tata kota, Nirwono Joga mengatakan, ajang balap mobil listrik Formula E yang akan dilangsungkan di Jakarta mestinya jadi ajang kampanye besar-besaran untuk menekan emisi Ibu Kota.

Sebab, pada dasarnya, lanjut Nirwono, ajang balap mobil listrik tersebut memang diperuntukan untuk kampanye mobil listrik. Meninggal karbon dan menekan emisi dengan beralih ke kendaraan listrik.

"Sebenarnya Formula E kalau kita lihat, awalnya itu kan salah satunya kampanyenya adalah mendorong peralihan kendaraan tegangan listrik yang tujuannya dalam mengurangi emisi karbon. Kalau kita lihat di luar, ya, awalnya," papar Nirwono dalam sebuah diskusi daring di Jakarta, Kamis (29/12/2021).

Nirwono berharap, Dinas Lingkungan Hidup sebagai pendukung dari Pemprov DKI untuk menginformasikan soal keuntungan ajang balapan Formula E tersebut.

"Apa sih, untungnya penyelenggaraan Formula untuk Kota Jakarta dilihat dari sudut lingkungan," tambahnya.

Baca Juga: Rencana Penghapusan Premium & Pertalite, Alasan Utama Tuk Kurangi Polusi Udara

Bagi Nirwono Formula E bukan sekadar perlombaan kendaraan. Bukan soal pembangunan sirkuitnya saja, tapi apa tujuan awal dari penyelenggaraan Formula E untuk masyarakat.

"Kalau kita lihat kerangka lebih besarnya, penyelenggaraan Formula E adalah kampanye penggunaan kendaraan listrik," tuturnya.

Poinnya adalah mendorong peralihan penggunaan kendaraan listrik.

Hal tersebut kata Nirwono bisa dimulai dari terobosan Pemprov DKI untuk membuat terobosan dengan mengganti kendaraan dinasnya ke kendaraan ramah lingkungan.

Menyusul hal tersebut, ia juga mengingatkan bahwa untuk menggunakan kendaraan listrik, Pemprov DKI Jakarta juga perlu pembangunan stasiun pengisian kendaraan listrik untuk umum.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.