Kompas TV regional berita daerah

Inovasi Baterai Ramah Lingkungan Berbahan Kulit Jeruk, Raih Juara 1 Kompetisi Internasional!

Rabu, 29 Desember 2021 | 23:32 WIB

Penulis : Shinta Milenia

MEDAN, KOMPAS.TV - Tergabung dalam Tim Gantari Engineering Research Club, sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara atau USU berinovasi dengan memanfaatkan limbah kulit jeruk sebagai bahan pengisi baterai.

Limbah baterai konvensional yang merusak lingkungan dan proses pembuatan baterai yang ditopang hasil penambangan mineral yang juga merusak lingkungan, menjadi latar belakang hadirnya inovasi ini.

Para mahasiswa kemudian memanfaatkan kembali baterai bekas, menjadi bio baterai.

Sebelum menghasilkan enegeri, kulit jeruk terlebih dulu diekstrak untuk memperoleh asam elektrolit berupa asam sitrat dari kandungan kulit jeruk.

Larutan asam kemudian dicampur dengan HCL dan Glycerol, lalu dipanaskan untuk mendapatkan pasta elektronik.

Baca Juga: ITS Surabaya Bangun Galeri Riset dan Inovasi Teknologi, Fasilitasi Generasi Muda Mengenal Sains

Pasta elektronik yang berasal dari ekstrak kulit jeruk tadi, kemudian dimasukkan ke dalam tabung bekas baterai konvensional dan menjadi bio baterai.

Inovasi baterai berbahan kulit jeruk karya mahasiswa USU ini meraih juara 1 dalam kompetisi Tokyo Tech Indonesian Commitment Award 2021, dalam kategori Impactful Science Towards Sustainable Development Goals.

Menurut rencana, Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara akan bekerja sama dengan pihak lain untuk mengembangkan hasil penelitian mahasiswa menjadi sebuah produk.

Baterai bertenaga kulit jeruk ini menjadi salah satu pengembangan teknologi yang ramah lingkungan dan juga daur ulang limbah elektronik.

Baca Juga: Inovasi Pakan Ternak Berbahan Probiotik, Bisa Bikin Sapi Cepat Besar!

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:21
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19