Kompas TV olahraga kompas sport

Prediksi Kurniawan DY di Laga Final Piala AFF 2020 Indonesia vs Thailand

Kompas.tv - 29 Desember 2021, 17:42 WIB
prediksi-kurniawan-dy-di-laga-final-piala-aff-2020-indonesia-vs-thailand
Kurniawan Dwi Yulianto memprediksi peluang Timnas Indonesia dan Thailand untuk menjadi juara di Piala AFF 2020 sama kuat 50:50. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan pemain Timnas Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto memprediksi peluang Indonesia dan Thailand sama kuat 50:50 untuk menjuarai Piala AFF 2020.

Indonesia akan menghadapi Thailand di laga final Piala AFF 2020 di National Stadium Singapura, Rabu (29/12/2021) pukul 19.30 WIB. 

Laga leg pertama nanti malam penting sebagai langkah awal skuad Garuda membawa gelar juara Piala AFF untuk pertama kalinya ke Tanah Air. 

Menurut mantan pemain Timnas Indonesia ini, kedua tim yang bertanding nanti malam memiliki peluang yang sama untuk meraih kemenangan. 

Ia juga melihat Indonesia sedikit lebih unggul dalam hal fighting spirit karena banyak dihuni pemain muda yang dibimbing oleh beberapa pemain senior. 

"Kalau bicara peluang, Indonesia dan Thailand memiliki peluang yang sama 50:50," kata Kurniawan dalam program Kompas Petang di KompasTV, Rabu (29/12/2021). 

"Namun saya melihat, tim ini memiliki komposisi yang bagus ya, antara pemain-pemain muda kombinasi dengan pemain senior yang bisa membimbing adik-adiknya."

"Artinya saya melihat tim ini memiliki kelebihan di fighting spirit, mereka mempunyai rasa lapar untuk berprestasi dan mereka sudah membuktikan itu di penyisihan grup dan semifinal."

Baca Juga: Final Piala AFF 2020: 4.000 Suporter Garuda Siap Dukung Timnas Indonesia

"Mudah-mudahan bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk menghadapi dua leg laga final ini," ucap Kurniawan. 

Lebih lanjut Kurniawan berharap, seluruh penggawa Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 bisa tampil mati-matian di dua laga terakhir ini. 

Apalagi ia melihat, peluang Indonesia untuk mencetak sejarah menjadi juara di Piala AFF tahun ini terbuka. 

"Saya berharap para pemain konsentrasi di dua pertandingan ini, harus tampil maksimal, habis-habisan, mati-matian karena sudah tidak ada pertandingan lagi setelah ini," kata Kurniawan. 

"Jadi ini kesempatan terbesar bagi kita untuk mencetak sejarah dan peluang untuk itu ada karena melihat kemampuan dari pemain, sinergi antara pelatih dan pemain ini cukup harmonis."

"Jadi tidak ada alasan untuk tidak berjuang," tegas Kurniawan. 

Setelah laga leg pertama final Piala AFF 2020 nanti malam, Indonesia dan Singapura akan kembali bertemu di leg kedua pada Sabtu (1/1/2022). 

Jika dalam dua laga tersebut agregat kedua tim imbang di 2x90 menit, penentuan juara Piala AFF 2020 akan ditentukan di babak extra time hingga adu penalti. 

Baca Juga: Sudah Bertemu Thailand pada AFF Tahun Sebelumnya, Akankah Indonesia Cetak Sejarah Baru?

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x