Kompas TV nasional peristiwa

Jakpro Optimistis Sirkuit Formula E di Ancol Selesai Dibangun dalam 3 Bulan

Kompas.tv - 29 Desember 2021, 17:59 WIB
jakpro-optimistis-sirkuit-formula-e-di-ancol-selesai-dibangun-dalam-3-bulan
Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta melakukan pantauan di lokasi sirkuit Formula E, Ancol Timur, Jakarta, Rabu (29/12/2021). (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Pengembangan Aset PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Gunung Kartiko, mengatakan, pihaknya optimistis pembangunan sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, dapat selesai dalam tiga bulan. 

"Bisa, jadi kami itu (penyelenggaraan Formula E) Juni (2022). Trek ini ada aspal ada pendukungnya," kata Gunung saat tinjauan sirkuit Formula E bersama anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta di Ancol, Rabu (29/12/2021). 

Gunung menjelaskan, fasilitas pendukung seperti barrier sudah dibeli sejak 2019/2020 sehingga hanya menunggu dikirim ke Jakarta. 

"Ada sebagian yang ada di Cikarang itu sudah ready semua terus ada beberapa yang dari Cina juga akan segera kita impor," katanya. 

Baca Juga: Jakpro Sebut Sudah Ada Sponsor Masuk untuk Formula E, dari Makanan hingga Bank

Target sirkuit selesai dibangun dalam tiga bulan, kata Gunung, yaitu setelah penunjukkan kontraktor yang rencananya akan tender pada Januari 2022. 

"Jadi yang tadi saya bilang tiga bulan itu adalah dari sejak kami penunjukkan kontraktor sampai ini selesai ditargetkan tiga bulan. Kontraktor akan kami tenderkan mulai Januari besok," kata Gunung. 

Setelah trek selesai dibangun, pihak Formula E Operation (FEO) akan datang untuk homologasi. 

Gunung menjelaskan, terkait spesifikasi aspal yang diminta oleh pihak FEO sudah cukup rinci sehingga akan menjadi pertimbangan ketika memilih kontraktor. 

"Kemarin dia (FEO) sudah detail. Sudah ada persetujuan sehingga bentuk trek juga sudah disetujui kemudian misalnya kemiringan trek di setiap tikungan juga sudah ada, tebalnya berapa, aspalnya batunya tipe apa, itu sudah semua," katanya. 

Baca Juga: Anggota DPRD DKI: Lokasi Sirkuit Formula E Jakarta Bekas Pembuangan Lumpur Pembangunan MRT

Tender kontraktor, kata Gunung akan dimulai Senin 3 Januari 2022 mendatang. Setelah penunjukkan kontraktor akan langsung memulai pembangunan. 

"Tetap di Januari dia mulai jalan. Jadi mungkin nanti efektif akhir Januari, Februari, Maret April sudah selesai targetnya," kata Gunung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x