Kompas TV nasional update corona

33 Pasien Varian Omicron Dirawat di RSD Wisma Atlet Jakarta

Kompas.tv - 29 Desember 2021, 12:41 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Kekhawatiran adanya transmisi komunitas jadi sorotan ketika muncul kabar salah seorang pasien varian omicron lolos dari karantina di Wisma Atlet dan sempat bepergian dengan keluarga.

Transmisi komunitas adalah penularan suatu penyakit di level komunitas yang meluas karena kerap tidak disadari.

Baca Juga: Pasien Omicron Transmisi Lokal Jalani Isolasi di RSPI Sulianti Saroso

Saat ini ada 33 pasien varian omicron di rawat di RSD Wisma Atlet, dan sebanyak 556 pasien covid-19 masih jalani isolasi.

Pada varian omicron peluangnya besar karena pertumbuhan kasusnya cenderung eksponensial, yang membuat banyak orang yang masuk dalam kasus kontak.

Gubernur DKI Anies Bawsedan menyebut, satu orang trasmisi lokasi tengah menjalani isolasi dan penelusuan kontak erat tengah dilakukan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan, pemerintah akan meningkatkan tracing dan memperketat pintu masuk kedatangan luar negeri, terutama dari negara-negara yang tingkat kasus omicronnya tinggi.

Masyarakat terus diimbau untuk tidak bepergian ke luar negeri jika tidak alasan yang mendesak.

46 kasus diklaim kasus impor sedangkan satu kasus di jakarta sebagai kasus transmisi lokal.

Dari 46 kasus impor sebenarnya ada 2 kasus transmisi lokal namun terjadi di lingkungan isolasi Wisma Atlet terhadap petugas kebersihan dan tenaga kesehatan diyakini keduanya tertular dari pelaku perjalanan ke luar negeri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x