Kompas TV olahraga kompas sport

Jelang Indonesia vs Thailand, Siapa Pengganti Pratama Arhan?

Kompas.tv - 29 Desember 2021, 12:37 WIB
jelang-indonesia-vs-thailand-siapa-pengganti-pratama-arhan
Pratama Arhan menjadi salah satu pemain Timnas Indonesia yang menjadi bintang saat mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1 di pertandingan penyisihan grup Piala AFF 2020, Minggu (19/12/2021). (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Bek kiri utama Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Pratama Arhan dipastikan absen di leg pertama final Piala AFF 2020 kontra Thailand. 

Final Piala AFF 2020 leg pertama antara Indonesia vs Thailand akan bertempat di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB.

Namun, siapa yang akan menjadi pengganti pemain PSIS Semarang berusia 20 tahun tersebut.

Pratama Arhan sendiri absen lantaran akumulasi kartu kuning yang didapatkan dalam dua laga semifinal kontra Singapura. 

Baca Juga: Pratama Arhan Dipastikan Absen Bela Timnas Indonesia di Final Piala AFF 2020 Kontra Thailand

Absennya Arhan tentu menjadi kerugian tersendiri bagi skuad Garuda. Pasalnya, pemain asal Blora tampil impresif dalam 5 laga Indonesia di Piala AFF 2020. Arhan sukses mengemas 2 gol dan 2 assist.

Kondisi ini membuat Shin Tae-yong harus memutar otak. 

Dari daftar skuad di Piala AFF 2020 kali ini, pelatih asal Korea Selatan memiliki dua opsi utama, yakni Edo Febriansyah serta Rizky Dwi Febrianto. 

Edo Febriansyah sendiri sudah dua kali diturunkan Shin Tae-yong pada babak penyisihan grup. Pertama sebagai pengganti di laga kontra Kamboja, lalu starter saat melawan Laos. 

Lain itu, ada nama Rizky Dwi Febrianto. Kendati posisi natural Rizky Dwi adalah seorang bek kanan, penggawa Arema FC tersebut diyakini mampu bermain di sisi kiri pertahanan. 

Baca Juga: Tak Hanya Absen Lawan Timnas Indonesia, Bek Veteran Thailand Dihujat Suporter Vietnam

Terakhir ada nama motor permainan Timnas Indonesia, Rachmat Irianto. Pemain Persebaya Surabaya dikenal sebagai pemian versatile atau serba bisa. 

Selain biasa beroperasi sebagai bek tengah dan gelndang jangkar, saat membela Persebaya, anak kandung Bejo Sugintoro sempat difungsikan sebagai bek kiri. 

Terlepas dari tiga opsi tersebut, Shin Tae-yong juga dapat memainkan skema tiga bek. Jika demikian, posisi fullback kiri dapat diisi oleh para winger macam Irfan Jaya hingga Ramai Rumakiek. 



Sumber : Kompas TV, affsuzukicup.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.