Kompas TV olahraga kompas sport

Shin Tae-yong Tak akan Dipecat, Apapun Hasil Piala AFF 2020

Kompas.tv - 28 Desember 2021, 09:29 WIB
shin-tae-yong-tak-akan-dipecat-apapun-hasil-piala-aff-2020
Posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia dipastikan aman usai Piala AFF 2020 berakhir. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia dipastikan aman, bahkan apabila Indonesia tak menjadi juara Piala AFF 2020. 

Performa Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 menjadi indikator kuat penilaian PSSI dan Menpora untuk mempertahankan pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu. 

Dengan rataan usia skuad paling muda di antara 9 kontestan lain di Piala AFF 2020 (23,7 tahun), Shin Tae-yong mampu membimbing skuad Garuda lolos hingga ke babak final.

Kepastian amannya posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas diungkapkan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam acara SAPA Indonesia Malam di KOMPAS TV, Minggu (26/12/2021). 

Baca Juga: Tak Hanya Pikirkan Final Piala AFF, Shin Tae-yong: 10 Tahun Lagi, Bola Indonesia Bisa Lebih Baik

Ditanya tentang status pelatih yang didatangkan dari Korea Selatan seusai final Piala AFF 2020, Iriawan menjawab, "Saya jadi bingung, siapa yang mau ganti Shin Tae-yong?". 

"Kontraknya 4 tahun," imbuh pria yang akrab disapa Iwan Bule."Mana ada bola itu instan. Kontraknya sudah jalan 2 tahun dengan hasil yang bagus. Jadi, sebenarnya tidak ada wacana tersebut [memecat Shin Tae-yong]. Ada opini dari publik bahwa evaluasi itu akan mengganti Shin Tae-yong, padahal tidak."

Selain fokus untuk perkembangan Timnas Indonesia dalam jangka panjang, pada awal kontraknya, Shin Tae-yong memang diproyeksi untuk mempersiapkan tim di Piala Dunia U-20. 

Namun, karena pandemi Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Indonesia harus ditunda hingga tahun 2023. 

Amannya posisi juru taktik berusia 52 tahun juga diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. 

"Jadi kita menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20 tahun 2023, maka kita tetap butuh pelatih. Dan Shin Tae-yong akan tetap menjadi pelatih untuk tim U-20 yang akan bertanding FIFA World Cup U-20 tahun 2023," tutur Amali, dikutip dari bolasport.com.

Baca Juga: Ini Ancaman Keras Shin Tae-Yong pada Asnawi Jika Aksi Kontroversialnya Terulang!

"Shin Tae-yong aman. Saya menjamin itu. Saya berharap seluruh masyarakat memberikan dukungan dan doa kepada perjuangan anak-anak kita yang sekarang sudah sampai ke final." 

"Saya kira kita sudah membuktikan, anak-anak kita, pelatih, coach Shin Tae-yong dan timnya sudah membuktikan," tandas dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.