Kompas TV olahraga kompas sport

Mantan Pelatih Thailand: Gajah Perang akan Benci Gaya Main Timnas Indonesia

Kompas.tv - 27 Desember 2021, 15:27 WIB
mantan-pelatih-thailand-gajah-perang-akan-benci-gaya-main-timnas-indonesia
Timnas Indonesia hanya bermain imbang 1-1 melawan Singapura di pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2020, Rabu (22/12/2021). (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV - Mantan Pelatih Tim Nasional (Timnas) Thailand, Charnwit Polcheewin menyebut skuad Gajah Perang akan membenci gaya bermain Timnas Indonesia. 

Seperti diketahui, Timnas Indonesia dan Thailand akan berjumpa di laga final Piala AFF 2020. 

Laga leg pertama Indonesia vs Thailand dijadwalkan berlangsung di Stadion Nasional, Singapura pada Rabu (29/12/2021). Sedangkan leg kedua bakal dimainkan pada 1 Januari 2022. 

Manakala Indonesia menumpaskan perlawanan tuan rumah Singapura di babak semifinal, Thailand mampu menyingkirkan juara bertahan Vietnam dengan skor argegat 2-0. 

Duel kali ini mengundang perhatian mantan pelatih Thailand, Charnwit Polcheewin. 

Baca Juga: Final Piala AFF 2020 Indonesia vs Thailand, Polking: Mereka Lawan yang Sulit tapi...

Menurut pelatih Gajah Perang periode 2005 hingga 2008 tersebut, gaya main yang diusung Timnas Indonesia bakal dibenci oleh skuad Thailand. 

“Bermain melawan tim nasional Indonesia di mana mereka telah bermain bersama untuk waktu yang lama, kita akan lelah," tutur Polcheewin, dikutip dari Siam Sport. 

"Pasalnya, sejauh ini mereka kerap menggunakan kemampuan uniknya, merayap, yang merupakan sorotan berbahaya mereka. Sepak bola Thailand tidak menyukai gaya bermain seperti ini."

"Ada juga serangan balik yang cepat, ditopang dengan permainan defensif yang dinilai cukup tangguh," sambung pria berusia 66 tahun itu. 

Pelatih yang mengantarkan Thailand juara SEA Games 2005 tersebut menganggap bahwa anak asuh Alexandre Polking harus menumpuk pemain di tengah. 

Baca Juga: Pratama Arhan Dipastikan Absen Bela Timnas Indonesia di Final Piala AFF 2020 Kontra Thailand

"Kami harus menumpuk (pemain di pertahanan) dengan baik," tambah Polcheewin. 

"Harus memotong umpan-umpan final play dan mencetak gol lebih dulu. Harus memaksa mereka tersudut."

Kendati demikian, Polcheewin masih yakin, secara mental Thailand mampu menekuk Indonesia di final Piala AFF 2020. 

"Namun, saya pikir Timnas Thailand harus menang karena sekarang saya yakin bahwa kondisi mental kami baik, tapi saya tidak mau gegabah," ujarnya menandaskan.

Ini akan menjadi pertemuan keempat Indonesia vs Thailand di laga final Piala AFF/Piala Tiger. Dari tiga kesempatan sebelumnya, Thailand selalu sukses menyungkurkan Indonesia.

Baca Juga: Jelang Final Piala AFF Indonesia vs Thailand, Gajah Perang Kehilangan Dua Pemain Kunci

 



Sumber : Siam Sport

BERITA LAINNYA



Close Ads x