Kompas TV nasional politik

Pemerintah Akan Terapkan Mikro Lockdown, Komisi IX: Pemerintah Harus Pastikan Kehidupan Warga

Senin, 27 Desember 2021 | 13:18 WIB
pemerintah-akan-terapkan-mikro-lockdown-komisi-ix-pemerintah-harus-pastikan-kehidupan-warga

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

 

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena. Foto : Erman/Man (Sumber: Doc. Parlementaria)

JAKARTA, KOMPAS TV - Penyebaran kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia kian bertambah dan totalnya kini ada 46 orang. Mengantisipasi pencegahan Omicron, pemerintah berencana menerapkan micro lockdown di sejumlah daerah. 

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena mengimbau agar pemerintah memastikan keberlangsungan kehidupan warga selama diterapkan kebijakan tersebut.     

Baca Juga: Pemerintah Akan Terapkan Mikro Lockdown Jika Terdeteksi Transmisi Lokal Varian Omicron

"Dalam rangka untuk memastikan kehidupan di daerah tertentu bisa berjalan tentu perlu dukungan pemerintah dan satgas. Dari pihak swasta yang ada di lokasi harus gotong royong dalam mengendalikan mencegah varian tersebut," kata Melki kepada Kompas TV, Senin (27/12/2021). 

Ia menyatakan, pihaknya mendukung adanya kebijakan mikro lockdown karena dinilai selama ini cukup efektif dalam menekan penyebaran kasus Covid-19.

"Terkait dengan rencana mikro lockdown yang dilakukan pemerintah tentu hal ini bisa dipahami karena di daerah mana yang terjadi transmisi lokal omicron mencegah adanya kenaikan kasus tersebut," ujarnya. 

Meski begitu, kebijakan mikro lockdown tetap harus dibatasi waktunya karena harus dilakukan evaluasi apakah itu efektif atau tidak.

"Dengan berbagai cara selama ini skala RT/RW tentu lebih optimalkan pencegahan Covid yang punya potensi besar meluas di daerah tersebut. Kami bisa memahami kebijakan tersebut dan dalam waktu tertentu harus dievaluasi," katanya.

Baca Juga: Pemerintah Pilih Mikro Lockdown Tangani Covid-19, Risma: Agar Ekonomi Makro Tetap Jalan

Sebelumnya, pemerintah akan menerapkan mikro lockdown apabila ditemukan transmisi lokal penularan kasus Covid-19 varian Omicron.

Keterangan ini disampaikan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Senin (27/12/2021).

Menurut Luhut, mikro lockdown yang akan dilakukan mengacu pada strategi yang saat ini diterapkan di Wisma Atlet dan dinilai cukup efektif.

"Melalui testing dan tracing yang kuat, langkah lockdown di level mikro, seperti yang dilakukan di Wisma Atlet, dapat kita implementasikan seandainya transmisi lokal varian Omicron sudah terdeteksi," kata Luhut Binsar Pandjaitan. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x